lukman blog

blog untuk tempat berbagi ilmu pengetahuan

lukman blog

blog untuk membagi tempat - tempat yang bagus untuk liburan

lukman blog

blog untuk tempat shering ilmu internet

lukman blog

blog untuk membagi bisnis internet

lukman blog

tempat berbagi, mencari ilmu, membagi rezeki dan mencari uang

Liberty Reserve is back

LR

di sebutkan di situs baru nya yang berdomain .uk bahwa liberty reserve akan buka kembali pada 10 juli 2013 dan para member yang sudah terdaftar harus mendaftar ulang lagi, nah kepastian bahwa liberty reserve kembali baru sebatas news kita tunggu aja tanggal 10 juli 2013 apakah benar liberty reserve akan open kembali,

WE ARE OPEN
Liberty Reserve will operate as usual, however all previous accounts will need to be reactivated. Please contact us at info@liberty-reserve.co.uk . Please provide us with your name, phone number, address and your LR account number.

 

alamat : http://liberty-reserve.co.uk/

Analis Terpecah soal Masa Depan Harga Emas

EMAS

Prediksi analis terbelah dalam memprediksi masa depan harga emas. Di satu sisi harga komoditas tersebut akan naik dalam beberapa waktu ke depan, sedangkan di sisi lain memprediksi harga emas melanjutkan pelemahannya.

Dari survei yang dilakukan Bloomberg, 15 analis memperkirakan harga emas akan mulai naik pada pekan depan. Sementara itu, 14 analis memproyeksikan harga emas semakin melorot dan 3 analis menyatakan netral.

Dalam dua pekan ini saja, harga emas turun 16 persen dan menyentuh 1.180,50 per ounce pada hari ini. Level tersebut adalah yang terendah sejak Agustus 2010. Harga logam ini anjlok signifikan pada kuartal ini, setelah investor melepas kepemilikan emasnya, menyusul penurunan harga yang terjadi.

Emas memasuki harga terendahnya sejak 1981, setelah beberapa investor tak lagi percaya dengan portofolio ini, dan di tengah spekulasi bahwa bank sentral AS akan memangkas stimulus ekonomi.

“Untuk itu, saat ini kita sudah memasuki waktu di mana harga emas tak lagi terkena tekanan karena sudah oversold. Ada banyak pembeli strategis yang memanfaatkan anjloknya harga emas ini," ujar Thorsten Polleit, ekonom perusahaan investasi terkemuka di Eropa, Degussa Goldhandel GmbH.

Dia meyakini, harga emas akan kembali terangkat pekan depan setelah harga saat ini berada di posisi terbawah.

Di pasar London, harga emas turun 28 persen pada tahun ini menjadi 1.202 dollar AS per ounce, dan kembali melemah hingga 25 persen pada kuartal ini.

Sebelumnya, harga emas naik signifikan antara rentang 2008-2011, dan mencapai titik tertinggi di level 1.921,15 pada September 2011. Kenaikan itu dipicu oleh The Fed yang memangkas suku bunga acuan.

Ketika permintaan emas tidak terlalu bagus, di pasar Asia sejumlah investor memanfaatkan kondisi ini dengan memborong komoditas tersebut.

 

sumber kompas.com

kolam renang alami di yogjakarta


 
Pengin berenang di #pantai tapi takut terbawa arus?
Nah di ujung timur Pantai Wediombo, #gunungkidul #jogja ada kolam renang alaminya.
Foto: Devara Febrianda Wibawa
Peta lokasi : Peta lokasi > http://wikimapia.org/10033267/Pantai-wedi-ombo-Balong-girisubo-Gunungkidul-YG

Kolam ini berada diantara batu karang yang yang membentuk sebuah cekungan dan tidak terkena ombak secara langsung, namun begitu air hempasan ombak yang menghantam bukit karang sebagian masuk kedalam kolan ini. So jadi kolam ini bisa digunakan untuk berendam atau berenang.

Peta lokasi > http://wikimapia.org/10033267/Pantai-wedi-ombo-Balong-girisubo-Gunungkidul-YG
 
sumber : jogya

Harga Anjlok, Kepercayaan Terhadap Emas Kian Pudar

 
Pasca aksi jual besar-besaran terhadap emas, para trader emas semakin pesimistis terhadap pergerakan emas.
Hasil survei Bloomberg menunjukkan, 15 trader meramalkan harga emas akan merosot pada pekan depan. Sementara, enam trader optimistis harga emas akan naik dan lima lainnya memilih netral.

Seperti diberitakan, pada Jumat (21/6/2013) lalu, harga emas terperosok di bawah 1.300 dollar AS per troy ounce untuk kali pertama sejak September 2010 lalu.
Aksi jual besar-besaran terhadap emas tersebut dipicu oleh langkah the Federal Reserve yang menyatakan akan mulai mengurangi nilai stimulusnya mulai akhir tahun ini dan menghentikan stimulus pada pertengahan tahun depan.

"Pernyataan dari the Fed menjadi sinyal bahwa bullish pada harga emas sudah berakhir. Salah satu yang menjadi faktor yang mendongkrak pesona emas, khususnya pada 2008 lalu, adalah quantitative easing. Jika QE dikurangi atau bahkan dihentikan, hal itu bukan sinyal yang baik bagi harga emas," papar Frederique Dubrion, president and chief investment officer Blue Star Advisors SA yang berbasis di Jenewa. (Barratut Taqiyyah)

sumber : konpas.com

Bubarkan Demo Mahasiswa IISIP, Polisi Gunakan Peluru Tajam?


Aparat kepolisian diduga memakai peluru tajam saat membubarkan demonstrasi menentang kenaikan harga bahan bakar minyak yang digelar mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jakarta, Sabtu (22/6/2013) dini hari. Selongsong peluru ditemukan di lokasi.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa IISIP, Tintus Formancius, menjelaskan, semula selongsong peluru tersebut ditemukan warga sekitar di depan pintu gerbang kampus IISIP. Selongsong peluru berwarna emas dengan ukuran sekitar 2 sentimeter itu pun diberikan kepada mahasiswa.

"Ini menunjukkan tindakan aparat kepolisian kepada kami merupakan pelanggaran hak asasi manusia," ujar Tintus, sembari menunjukkan selongsong peluru itu. Dia mempertanyakan keberadaan selongsong peluru tersebut di lokasi unjuk rasa mahasiswa kampusnya.

Tintus yakin bukti itu adalah milik polisi. Dia pun meminta petinggi kepolisian menjelaskan temuan tersebut di depan media massa nasional sesegera mungkin. "Bagaimana jika peluru tersebut terkena warga atau mahasiswa. Apakah itu termasuk prosedur kepolisian, itu yang harus dijelaskan," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, unjuk rasa penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak oleh puluhan mahasiswa IISIP di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, berujung bentrok. Dalam kurun waktu pukul 02.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB, setidaknya terjadi dua kali kericuhan antara mahasiswa dan aparat polisi bersenjata lengkap.

Gas air mata yang ditembakkan kepolisian juga mengenai masyarakat yang bermukim di sekitar kampus. Tak ayal, kericuhan pun meluas tidak hanya antara mahasiswa dan polisi, tetapi juga antara warga sekitar dan polisi. Kericuhan baru reda sekitar pukul 03.00 WIB. Baik mahasiswa, warga, maupun polisi kemudian masing-masing menarik diri. 
sumber : kompas.com

Di Yogyakarta, Si Chiko Pun Ikut Demo BBM

 
YOGYAKARTA,Aksi demo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tak hanya dilakukan mahasiswa dan elemen masyarakat. Seekor anjing jenis golden retriever pun ikut turun ke jalan bersama ratusan mahasiswa di titik Nol Kilometer Yogyakarta, Jumat (21/6/2013) malam.

Chiko adalah nama anjing itu. Dia mengenakan baju biru dan kalung bertuliskan SBY. Chiko ikut aksi demonstrasi sejak pukul 17.00 WIB bersama Heppi, tuannya.

Mereka berdua larut dalam aksi mahasiswa yang menggelar mimbar bebas di depan pintu utama Gedung Agung. Ketika ratusan mahasiswa mulai longmarch dari depan Gedung Agung menuju ke titik Nol Kilometer Yogyakarta, anjing berusia 3 tahun ini tetap terlihat berjalan di barisan paling depan.

Spontan, hal tak lazim dalam setiap aksi demo ini menjadi incaran para fotografer untuk mengabadikannya. "Namanya Chiko, dia sudah beberapa kali ikut aksi demo menolak kenaikan (harga) BBM," ujar Heppi, ditemui di sela aksi.

Aksi menolak kenaikan harga BBM yang dlakukan oleh ratusan orang dari berbagai elemen baik mahasiswa, kaum buruh, maupun anak jalanan di Yogyakarta sudah berlangsung sejak pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 21.00 WIB, massa yang sejak sore sudah berkumpul di depan Gedung Agung mulai berjalan ke titik Nol Kilometer Yogyakarta dan memblokade jalan dengan berdiri melingkar.

Ratusan polisi, baik dari kesatuan Lalu Lintas maupun Sabhara, tampak berjaga di sekitar lokasi aksi. Seusai menggelar orasi dan melakukan bakar ban, aksi demo ditutup dengan pembacaan pernyataan sikap. Baru sekitar pukul 23.55 WIB, massa aksi membubarkan diri.\
sumber : kompas.com

Tempat Karaoke di Jogja

Happy Puppy (1,2,3)
Happy Puppy Ring Road - Babarsari - Jogjatronik
 
Happy Puppy Ring-Road
Kenyamanan 80
Harga 80
Sound 75
Lagu 83
Scoring 75
Happy Puppy Jogjatronik
Kenyamanan 87
Harga 82
Sound 80
Lagu 83
Scoring 75

Small di Ringroad ama Seturan itu 4 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 16.30) berada pada kisaran Rp. 24.500,-, en medium pada kisaran Rp. 32.500,-

Small di Jogjatronik itu 5 orang, medium untuk 7 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 16.30) berada pada kisaran Rp. 24.500,-, en medium pada kisaran Rp. 32.500,-

Inul Vista KTV (4)
Ring-Road Jogja
 
Inul Vista KTV
Kenyamanan 83
Harga 72
Sound 84
Lagu 93
Scoring 88

Small itu 4 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 16.30) berada pada kisaran Rp. 27.500,-, en medium pada kisaran Rp. 35.000,-. Jumat dihitung sebagai hari weekend. 
 
 Hyperbox (7)
Babarsari, Jogjakarta
Hyperbox
Kenyamanan 92
Harga 85
Sound 95
Lagu 83
Scoring 75

Small itu 6 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 17.00) berada pada kisaran Rp. 25.000,-, en medium pada kisaran Rp. 32.500,-. Secara ekonomi, ini paling murah berkualitas
 

Family Fun (5)
Seturan
 Family Fun
Kenyamanan 79
Harga 92
Sound 70
Lagu 82
Scoring 85

Small itu 4 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small-medium Happy Hour (11.00 - 18.00) berada pada kisaran Rp. 23.000,- sampai 36.000,-, dengan menunjukkan KTM, lo bisa dapetin diskon 50% lagi. Jadi karaoke di FF pada jam happy hour sama dengan dua kali lebih lama dari tempat lain... Atau, lu cuman bayar 13.000 sampai 18.000 per jam. Sungguh murah
 
 Shang-Ri-La (8)
Babarsari
 
Shangrila
Kenyamanan 83
Harga 84
Sound 80
Lagu 80
Scoring 84

Small  itu 4 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 19.00) berada pada kisaran Rp. 24.500,-, en medium pada kisaran Rp. 32.500
 
 Navv (9)
Jl. Solo, Janti
 
Nav Karaoke
Kenyamanan 76
Harga 85
Sound 70
Lagu 75
Scoring 83

Small itu 4 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 17.00) berada pada kisaran Rp. 22.000,-, en medium pada kisaran Rp. 32.500,- *gak tau ya kalo udah naik
 
 Top40 (6)
Jl. Anggajaya, Terminal Concat ke utara, seberangnya Discovery Cafe
 
 
Nav Karaoke
Kenyamanan 80
Harga 80
Sound 78
Lagu 70
Scoring 85

Small itu 4 orang, medium untuk 8 orang..
Harga small Happy Hour (11.00 - 17.00) berada pada kisaran Rp. 25.000,-, en medium pada kisaran Rp. 32.500,- *gak tau ya kalo udah naik

Setting Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren Connex yang Lambat

Smartfren connex dengan jor-joran iklannya diberbagai media yang mengklaim Internet anti lelet ternyata tak sepenuhnya terbukti. Banyak yang belum merasakan kecepatan Internet maksimal saat menggunakan layanan Internet Smartfren Connex baik paket unlimited maupun paket non unlimited.
Berikut ini ada beberapa settingan modem smartfren yang menurut pengakuan beberapa orang yang sudah mencoba katanya dapat mempercepat koneksi Internet smartfren yang lemot alias lola biar lancar jaya...

Sebelum mulai setting, atur sinyal agar tetap berada pada EVDO saja supaya tidak berubah-ubah saat sedang konek.
  1. Colokin modem ke USB PC/laptop
  2. Buka aplikasi Smartfren Connect Suite (bila tidak otomatis terbuka saat modem dicolokin)
  3. Klik Menu Tools
  4. Klik Profil Management
  5. Ganti Setting yang telah ada dengan settingan berikut ini (pilih salah satu) :
Setting 1
    Access Number : *98#
    Username : cdma atau wap
    Password : cdma atau wap

Setting 2
    Access Number : *31*11111#
    Username : cdma atau wap
    Password : cdma atau wap

Setting 3
    Access Number : *98#
    Username : cdma atau wap
    Password : cdma atau wap

Setting 4
    Access number : #777 atau *99#
    User name : cdma
    Password : cdma
   
    Advance setting : DNS
    Primary DNS : 8.8.8.8
    Secondary DNS : 8.8.4.4

Setting 5
    Access number : #777 atau *99#
    User name : smart
    Password : smart
   
    Advance setting : DNS
    Primary DNS : 208.67.222.222
    Secondary DNS : 208.67.220.220
Silahkan dicoba satu per satu settingan diatas untuk mengatasi koneksi Internet smartfren yang lambat agar menjadi cepat atau setidaknya lebih cepat dari sebelumnya.

Jika setelah mencoba semua setting tapi koneksi masih lambat, coba cek sinyal modem yang didapat. Bila hanya mendapat sinyal 1 atau 2 bar, jangan berharap banyak dari koneksi Internet yang didapat.
Semoga membantu,

FESTIVAL GEROBAK SAPI 2013

5 Hari Lagi! Jogja Bakal Heboh

Bajinger's Community "FESTIVAL GEROBAK SAPI 2013"

Diikuti 100 Gerobak Sapi DIY dan Jateng, memperebutkan Piala Bergilir Gubernur DIY.

Minggu, 16 Juni 2013, 07.00 - 11.00 WIB di Lapangan Utara Stadion Maguwoharjo Sleman.

Dimeriahkan: Dialog dengan Sri Sultan HB X, Penampilan Maestro Tari Miroto, Sapi Bodypaint oleh Bambang Herras, Khrisna Encik and Low Budget Accoustic, Jathilan Gangnam Style dari KODIM 0734 YOGYAKARTA, dll

Jet Penumpang China Tabrak "Benda Asing" di Udara

 
Sebuah jet penumpang China terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah sebuah tabrakan misterius dengan "benda asing" di udara pada ketinggian 26.000 kaki bikin penyok hidung jet itu. Bagian depan Boeing 757 milik Air China itu penyok parah. Ada goresan serta besotan cat yang terlihat jelas ketika pesawat itu kemudian mendarat.

Mail Online, Senin (10/6/2013), melaporkan, pesawat itu sedang mengudara di China ketika suara dentuman besar terdengar dari bagian depan pesawat. Pilot mengatakan, pesawat itu berjuang untuk terus terbang dan ia segera menelepon para pengendali lalu lintas udara. Pilot kemudian diizinkan untuk kembali ke bandara.

Para ahli mengatakan, penyelidikan terkait dugaan kecelakaan itu telah menimbulkan kecurigaan bahwa pesawat tersebut ditabrak benda asing. Namun, mereka tidak percaya bahwa hal itu disebabkan oleh serangan seekor burung karena tidak ada darah atau bulu burung yang terlihat pada moncong pesawat yang penyok tersebut. Kerusakan terlihat ketika pesawat, yang sedang melakukan perjalanan dari Chengdu ke Guangzhou, itu mendarat dengan aman.

Foto-foto tentang kondisi pesawat itu telah memicu spekulasi di media online bahwa hal itu disebabkan oleh UFO atau serangan pesawat tak berawak. Teori lain yang di-posting di Aviation Herald, Inggris, mencakup adanya tekanan udara yang berubah panas dan menyebar secara cepat.

Mantan penyidik UFO Pemerintah Inggris, Nick Pope, mengatakan kepada harian The Sun bahwa pemeriksaan terhadap hidung pesawat itu bisa mengungkapkan apa yang telah menghantamnya. Ia mengatakan, jejak apa pun yang bertabrakan dengan pesawat itu bisa terlihat. Namun, ia mempertanyakan apakah China yang tertutup akan mengungkapkan penyebabnya.

Tidak ada yang cedera dalam insiden misterius itu.
sumber : kompas.com

Dinilai Perangi Sesama Muslim, Persatuan Ulama Dunia Kecam Hezbollah

 
Presiden Persatuan Ulama Internasional, Sheikh Yusuf al-Qaradawi, dalam wawancara dengan stasiun televisi Al Arabiya, Minggu (9/6/2013) malam, menyebut kelompok Hezbollah sebagai "Partai Setan" yang mencoba memecah belah umat Muslim.

Sheikh Qaradawi mengaku menyesal pernah mendukung Hezbollah dan Iran di saat sebagian besar ulama, khususnya di Arab Saudi, menyuarakan kecurigaannya terhadap langkah Hezbollah di kawasan itu.

"Saat Hezbollah bertempur melawan Israel, saya mendukung mereka. Saya menentang pendapat sebagian besar ulama di Arab Saudi yang memperingatkan kami soal agenda Hezbollah," kata Qaradawi.
sumber : kompas.com

Prospek Utang AS Membaik, Wall Street Terangkat

 
Sebagian besar saham di bursa New York dibuka menguat pada awal pekan ini, Senin (10/6/2013), menyusul dinaikkannya prospek surat utang Amerika Serikat oleh Standard & Poor's dari "negatif" ke "stabil".
Lima menit setelah bursa dibuka, indeks Dow Jones menguat 21,97 poin (0,14 persen) di posisi 15.270,09. Sementara itu, indeks S&P 500 bertambah 2,60 poin (0,16 persen) di level 1.645,98, sedangkan indeks Nasdaq Composite naik 47,23 poin (1,38 persen) di level 3.461,28.
Kenaikan tersebut terjadi setelah lembaga pemeringkat itu mengumumkan kenaikan prospek surat utang AS.
"Naiknya peringkat surat utang itu benar-benar mengejutkan. Tatkala banyak pihak yang pesimis dengan perekonomian AS, ternyata S&P menaikkan rating. Ini benar-benar bernilai," ujar Lawrence Creatura, Manajer Investasi di Federated Investors Inc.
sumber : kompas.com

Garuda Terbitkan Obligasi Berkelanjutan Rp 7 Triliun

 
PT Garuda Indonesia Tbk akan menerbitkan obligasi berkelanjutan (penawaran umum berkelanjutan/PUB) dengan nilai total mencapai Rp 7 triliun. Untuk tahap awal, maskapai pelat merah ini akan menerbitkan sebanyak Rp 2 triliun.
Seorang eksekutif yang mengetahui rencana itu menjelaskan, dana akan digunakan untuk membiayai ekspansi bisnis perseroan. Sekuritas BUMN, PT Mandiri Sekuritas dan Bahana Securities, ditunjuk sebagai penjamin emisi surat utang tersebut.
"Kebutuhan untuk membiayai ekspansi bisnis cukup besar, sehingga perlu dana melalui penerbitan obligasi ini," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (10/6/2013).
Kompas.com hingga berita ini diturunkan belum berhasil mengonfirmasi Juru Bicara Garuda Indonesia, Pujobroto. Namun beberapa waktu lalu, para pemegang saham telah menyetujui rencana penerbitan obligasi. Pada bulan ini, jumlah surat utang yang akan diterbitkan mencapai Rp 2 triliun.
Sementara itu pada akhir bulan lalu, Garuda Indonesia telah mendapatkan fasilitas pinjaman sebesar 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 392 miliar dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).
Garuda menyatakan dana yang diperoleh akan digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan ekspansi bisnis, termasuk membayar pra-pengiriman pesawat. "Fasilitas tersebut menawarkan syarat dan bunga yang lebih rendah  dari kondisi pasar saat ini," tulis manajemen.
Adapun tenor pinjaman tersebut selama 24 bulan, dengan periode ketersediaan selama 6 bulan terhitung sejak 29 Mei 2013 atau saat ditandatanganinya kredit, dan bunga yang dikenakan sebesar Libor + 3,75 persen. Saat ini Libor 12 bulan berada dilevel 0,6 persen, sehingga Garuda harus membayar bunga atas pinjaman tersebut sebesar 4,35 persen.
sumber kompas.com

Harga Perdana Semen Baturaja Rp 560 Per Saham?

 
Kementerian BUMN menetapkan harga saham penawaran publik perdana (intial public offering/IPO) PT Semen Baturaja Tbk di level Rp 560 per saham.
Dua eksekutif yang mengetahui informasi itu menyebutkan harga saham produsen semen itu memang berada di level bawah lantaran kondisi pasar yang sedang kurang menguntungkan.
"Dari rapat, akhirnya diputuskan bahwa harga IPO Semen Baturaja di level Rp 560 per saham. Ini juga untuk merespons pasar yang kurang menguntungkan seperti saat ini," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (10/6/2013).
Sebelumnya, harga IPO Semen Baturaja dipatok antara Rp 500-Rp 685 per saham dengan melepas 23,76 persen saham ke publik atau sejumlah 2,33 miliar lembar. Adapun penjamin emisi adalah PT Bahana Securities, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Danareksa Sekuritas.
Direktur Utama Danareksa Sekuritas Marciano Herman saat coba dikonfirmasi mengenai harga perdana Semen Baturaja tidak memberikan responsnya. Sementara itu, mengutip Antara, Menteri BUMN Dahlan Iskan selaku kuasa pemegang saham Baturaja enggan mengomentari harga IPO tersebut.
"Saya tidak berkomentar. Saya khawatir jika saya sebutkan akan melanggar peraturan pasar modal," kata Dahlan usai menandatangani keputusan penetapan harga IPO.
SUMBER KOMPAS.COM

Dua Alasan Harga Saham Garuda Indonesia Stagnan

 
Harga saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) hingga saat ini masih berada di bawah harga penawaran perdana (IPO). Ada dua hal yang menyebabkan saham maskapai pelat merah tersebut belum menembus level awalnya.
Analis Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, harga IPO saham Garuda Indonesia sebesar Rp 750 per lembar saham. Hingga saat ini, saham GIAA hanya diperdagangkan di bawah level tersebut. Dalam enam bulan terakhir, harga saham GIAA tertinggi hanya di level Rp 680 per lembar saham. Nilai tersebut terjadi pada 28 Maret 2013.
"Alasannya, harga IPO saham GIAA kemahalan. Selain itu kinerjanya juga belum memuaskan," kata Satrio kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (8/6/2013).
Satrio menambahkan, konsesi analis saat itu menyebut harga wajar (fair value) saham GIAA sekitar Rp 520-667 per lembar saham. Namun, saat akan IPO, Menteri Badan Usaha MIlik Negara saati itu, Mustafa Abubakar, meminta harga saham GIAA dijual di level Rp 750 per lembar saham.
Akibat harga yang lebih mahal tersebut, saham GIAA terus diperdagangkan di level Rp 500-680 per lembar saham. Pada perdagangan Jumat (7/6/2013) kemarin, harga saham GIAA hanya naik 10 poin (1,82 persen) di Rp 560 per lembar saham.
Kinerja disorot
Di sisi lain, kinerja bisnis GIAA juga belum sepenuhnya gemilang. Namun, pada akhir 2012 lalu, laba komprehensif GIAA naik seratus persen dari 72,7 juta dollar AS pada 2011 menjadi 145,4 juta dollar AS. Pendapatan operasi naik 12,1 persen menjadi 3,47 miliar dollar AS, laba operasi naik 82 persen menjadi 168,1 juta dollar AS, dan laba bersih naik 72,6 persen menjadi 110,8 juta dollar AS. Masalahnya, kinerja bisnis untuk kuartal I per tahunnya selalu negatif.
"Bottom line (kuartal I-2013) kurang lebih sama seperti kuartal I tahun lalu, tidak banyak berubah," ujar Direktur Keuangan Garuda Indonesia Handrito Hardjono.
Handrito enggan mengungkapkan angka pasti, khususnya di kuartal I-2013 ini. Sebagai gambaran, pada kuartal I-2012, nilai rugi bersih maskapai pelat merah ini mencapai 10,71 juta dollar AS.
"Biasanya akan membaik di kuartal dua dan seterusnya," ujarnya.
Pada kuartal I-2011, Garuda mencatat kerugian sebesar 19,1 juta dollar AS. Kerugian berlanjut di kuartal selanjutnya.
Pada kuartal II-2012, nilai rugi bersih berkurang menjadi 2,02 juta dollar AS. Adapun di kuartal II-2011, nilai kerugian mencapai 22,39 juta dollar AS. Pada kuartal tiga dan empat, GIAA baru bisa mendulang untung.
Handrito memproyeksikan, hingga akhir tahun, perusahaan bisa memperoleh kenaikan laba bersih. Namun, ia belum mau blak-blakan mengenai hal itu. Dengan masuknya Erik Meijer sebagai Chief Commercial Officer di Garuda Indonesia, Satrio berharap perusahaan ini bisa meningkatkan kinerja bisnisnya ke depan.
"Erik ini di perusahaan sebelumnya (baik di Telkomsel, Bakrie Telecom hingga Indosat) menjadi value creator. Diharapkan di Garuda Indonesia ini, dia bisa menciptakan hal baru yang bisa melambungkan saham GIAA," kata Satrio.

SUMBER KOMPAS.COM

Taufiq Kiemas, Tokoh Pejuang Empat Pilar Negara

 
Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Singapura pada Minggu (8/6/2013) malam.
Politisi senior yang meninggal di usia 70 tahun itu selama hidupnya dikenal sebagai politisi yang berkomitmen memperjuangkan empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya Taufiq. Menurutnya, tidak hanya MPR yang kehilangan, tetapi juga bangsa Indonesia.
"Kepeduliannya kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sangat luar biasa mengesankan. Untuk keempat pilar negara itu, Pak Taufiq Kiemas siap melakukan apa saja, berkorban apa saja," ujar Hajriyanto di Jakarta, Minggu (8/6/2013).
Politisi Partai Golkar itu mengaku, meski kondisi fisik Taufiq semakin menurun, semangat suami dari mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu selalu menyala jika sudah berbicara Pancasila.
"Bagi beliau, Pancasila dan NKRI adalah segala-galanya. Dan untuk dasar negara dan falsafah bangsa ini, Pak Taufiq Kiemas tidak mentolerir pandangan-pandangan yang mengukurnya secara finansial," kata Hajriyanto.
Sebagai salah satu politisi senior PDI Perjuangan, Taufiq juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat mengayomi semua golongan. Hajriyanto menuturkan, Taufiq mampu menyatukan semua kelompok, aliran, dan golongan ideologis apa pun.
"Pak Taufiq selalu menjadi rujukan para politisi Indonesia dari partai politik manavpun, apakah parpol berdasar agama ataukah parpol nasionalis-kebangsaan. Semuanya menjadi Pak TK (panggilan akrab Taufiq Kiemas) sebagai seniornya, kakaknya, ayahnya, bahkan rujukannya. Pak Taufiq Kiemas bukan hanya milik PDI-P, melainkan milik bangsa dan negara Indonesia," papar Hajriyanto.
Sebelumnya diberitakan, Taufiq Kiemas tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura sejak kemarin. Taufiq menjalani perawatan setelah mendampingi Wakil Presiden Boediono meresmikan Monumen Bung Karno dan Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (1/6/2013). Peresmian dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945.

SUMBER : KOMPAS.COM

PASANG IKLAN GRATIS

 PERNAHKAH ANDA BAYANGKAN JIKA ANDA PUNYA TOKO SENDIRI DAN RAMAI PENGUNJUNG?
di dalam bisnis jual beli konvensional,jumlah pengunjung adalah mutlak diperlukan Tak beda halnya dengan berbisnis online.
pertanyaannya sekarang adalah sudahkah anda berpromosi dengan baik?
apakah orang yang anda tawari iklan anda sedang membutuhkan informasi tersebut?
Memang kita tak asing dengan iklan yang sekarang sedang memenuhi beranda facebook atau twitter,namun apakah teman kita senang dengan iklan kita atau malah mereka jenuh dan akhirnya iklan kita dijadikan spam,busyeet dach!
Nah,dari situ seharusnya kita sudah bisa belajar untuk bagaimana berpromosi tertarget agar  mereka  sendiri yang mencari  informasi dari kita.
caranya bagaimana?
Bagi webmaster mereka tentu tidak kesulitan ,karena tentu mereka akan mengoptimalkan jasa mbah google,namun bagi yang awam masih adakah harapan untuk meraih sukses di bisnis online?
Jawabnya BISA!
SEKARANG TELAH HADIR JASA PROMOSI GRATIS YANG AKAN MEMBAWA BISNIS ANDA MENUJU SUKSES ,MEREKA AKAN MEMPROMOSIKAN WEBSITE ANDA LAYAKNYA VIRUS YANG AKAN MENYEBAR DAN DIKUNJUNGI OLEH JUTAAN ORANG.
saya perkenalkan idtraffix sebagai jawaban kesulitan anda dalam menjalankan bisnis online?
apa alasan anda harus menggunakan jasa mereka?
pengunjung yang tertarget adalah salah satu kuncu keberhasilan bisnis anda,mereka yang sedang mencari iklan sabun misalnya dan anda menginformasikan sabun berkualitas dan harga terjangkau maka mereka akan sulit menolak atau mereka akan membeli sabun dari anda.
itulah kegunaan promosi yang tertarget,sudahkah anda melakukan hal ini?
AYO SEGERA JOIN DAN RASAKAN PERKEMBANGAN BISNIS ANDA BAGAI PESAWAT BERKECEPATAN TINGGI,KARENA KITA SUDAH TAHU KEKUATAN INTERNET BUKAN?
maka ambil keputusan anda join gratis DAFTAR

BISNIS ONLINE YANG LAGI BOOMING

Ada yang tau tidak tentang Promo URL?
ya pangkat Newbie xixixiix.....barusan ini saya ikutan gituan...
Lumayan sih ninbang - timbang dari pada Ngegame muluu,
cuman modal Promo URL dapet duit lohh... tapi yach nga begitu banyak siicch
dapetnya $ 0.01/Ads he3 ....
pengen tau situsnya nihh klik => http://indoboclub.com/?ref=lkmn30
langsung klik JOIN
Dijamin Pendaftaran Gratiiis.. mau pake tanpa Modal juga bisa..
Tapi kalo pengen cepet Profit yach tau sendiri dunk...
Invest atau di Upgrade ...istilahnyaaaa, kalo pengen, tertariiikkk tau lebih kunjungi sini yach
DAFTAR
langsung klik JOIN

buruan mumpung member masih dikit lohhh
beneran Gratis 0% tanpa kapital sob (y)

nihh ada contohannya
A/n Windy Ria H  & Victor Yosua udah meng-Upgrade $10 ...
waahh suatu tindakan yg mantap sob,
karna tiap upgrade $10 daily profitnya 2% selama hari100 kerja...
tapi tunggu dulu bukan cuman itu aja lohh...
kalo ada downline-nya ugrade dia dapet juga lohh ditiap levelnya...
buat Downline Level 1 dapet 5%, Level 2 dapet 2%, Level 3 s/d 10 dapet 1%..
ada juga tambah cepet naik di Coumpound aja $1 witdrawal 0.01 menjadi 0.02
weeeww...... dan duit/saldo makin cepet Ngejreeng ke rekening Bank Lokal.
ennd jangan lupa kalo udah dapet Kode aktivasinya buruannya di aktifkan yachh.....
biar dolar cepet cairr...dijamin Gratiisss 0% pendaftaran...tinggal usaha sobat2 niihhh...gimn kelanjutanya???


◕Wow IBC Masuk Peringkat 3 Besar Terbaik, BO Yang Booming 2013:◕
1. Ditunjang 3 Sistem keamanan Web
2. Traffic Alexa trus menanjak sampai bulan ini
3. Domain Terdaftar sampai 2018 (Long Life), Diperpanjang sampai 2023
4. Ditunjang Empat DNS Server
5. Backup Data Server Tiap hari (Antisipasi Serangan Hacker, DDOS ATTACK dll)
6. Fast Withdraw Bisa Ke Rek. Bank & WD Instan Ke Perfect Money

◕Cara Kerja di IBC:◕
A. Cara Gratis: Cari refferal, bonus $ 0.01/reff,
B. Investasi dengan Upgrade / Buy Ads, Profit harian 2%+Extra Profit* X 100 Kali pembayaran di hari Kerja (Senin s/Jumat) + Extra Bonus Lain2

Ayo Gabung Bersama Team Saya, dan dapatkan strategi punya banyak downline yang upgrade:

◕IBC Dengan 3 Sistem keamanan
◕Traffic IBC di ALEXA terus naik
◕Domain IBC terdaftar sampai 2018-2023 (Long Life IBC)
◕IBC Ditunjang 4 DNS SERVER
◕Backup Data di Server IBC Tiap hari
◕Fast Withdraw Langsung Ke Rek. Bank & Instan ke PerfectMoney

Kasus 12-4 Anita’s Apparel



1.  1.  Bagaimana anda akan mengevaluasi kompensasi Nordstrom dan Sistem yang lain yang mendukung strateginya?


Jawaban :

Menurut kelompok kami, Komisi adalah salah satu cara paling efektif untuk memotifasi orang. Setelah kami membaca kami dapat mengevaluasi dari kompensasi Nordstrom bahwa Nordstrom sudah cukup baik dlam bidang komisi yang saat itu Tarif komisi standar pada tahun 1995 berkisar antara 6,75% untuk pakaian sampai 13% untuk sepatu anak anak. Nordstom menggunakan 10% komisi untuk karyawannya., Nordstrom juga
memberikan hadiah kepada karyawan yang terbaik teramah dan tercepat. Nordstrom telah membuat komisi menjadi suatu ajang untuk berkompetisi jadi para karyawannya menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Kemudian dilihat dari sistem yang lain yang mendukung :
Ø  Manajemen piramida terbalik, membuat para manajer untuk memotivasi dan memberikan saran kepada para bawahan nya yang mengalami kesulitan
Ø  Komisi, membuat para karyawan termotivasi dan yang akhirnya akan meningkatkan penjualan dan sebaiknya pemberian komisi dipantau perhari
Ø  Retur tanpa syarat, membuat para konsumen yang merasakan masalah pada barang yang dibeli dapat mengembalikan nya dengan cepat, walaupun dengan retur tanpa syarat ini Nordstrom menjadi melegenda di returnya, tapi menurut kami retur tanpa syarat ini mempunyai dampak risiko yang cukup besar bila ada yang menggunakannya dgn salah.
Ø  Penghargaan, sama seperti komisi penghargaan akan membuat para karyawan termotivasi
Ø  Pengakuan, karyawan akan termotivasi ketika dia mendapat umpat balik dari apa yang dia lakukan. Apa lagi umpat baliknya karyawan tersebut mendapat hadiah.
Ø  Heroik, sikap budi luhur yang dimiliki karyawan sbg salah satu cara untuk mendekatkan karyawan kepada konsumennya, yang pada akhirnya konsumen selalu mengingat karyawan tersebut dan membuatnya kembali ke perusahaan untuk berbelanja.

PENENTUAN HARGA PELAYANAN PUBLIK



PENENTUAN HARGA PELAYANAN PUBLIK

PENDAHULUAN

Salah satu tugas pokok pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemberian pelayanan publik pada dasarnya dapat dibiayai melalui dua sumber, yaitu: Pajak dan pembebanan langsung kepada masyarakat sebagai konsumen jasa publik. Jika pelayanan publik dibiayai dengan Pajak, maka setiap wajib pajak harus membayar tanpa memperdulikan apakah dia menikmati secara langsung jasa publik tersebut atau tidak. Hal tersebut karena Pajak merupakan iuran masyarakat kepada negara yang tidak memiliki jasa timbal (kontraprestasi) individual yang secara langsung dapat dinikmati oleh pembayar Pajak. Jika pelayanan publik dibiayai melalui pembebanan langsung, maka yang membayar hanyalah mereka yang memanfaatkan jasa pelayanan publik tersebu, sedangka yang tidak menggunakan tidak diwajibkan untuk membayar.
Kewajiban aparatur negara yang juga mengikuti kewajiban negara dalam menyelenggarakan tugas negara seperti yang diamanatkan UUD 1945, GBHN dan UU APBN (mardiasmo 2000) adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat (public service) dalam bentuk penyediaan jasa dan barang secara prima. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, instansi milik pemerintah apakah BUMD dan BUMN akan memberikan tarif pelayanan publik yang diwujutkan dalam bentuk retribusi, pajak dan pembebanan tarif Jasa langsung kepada masyarakat sebagai konsumen jasa publik (charging for sevice).
Walaupun masyarakat telah dibebani dengan pajak yang dapat dipaksakan kepada pemerintah, dan pemerintah memberikan prestasi kepada masyarakat. Tidak semua prestasi yang diberikan oleh organisasi sektor publik kepada masyarakat yang telah dilayani dapat dibuat secara gratis mengingat terdapat barang privat yang manfaat barang dan jasa hanya dinikmati secara individu, barang publik yaitu barang dan jasa kebutuhan yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat serta barang campuran privat dan barang publik yaitu barang kebutuhan masyarakat yang manfaatnya di nikmati secara individu tetapi sering masyarakat umum juga membutuhkan barang dan jasa tersebut merit good (semua orang bisa mendapatkannya tetapi tidak semua orang dapat mendapatkan barang dan jasa) tersebut seperti: air bersih, listrik, pendidikan, kesehatan, transportasi publik.















TANTANGAN PELAYANAN PUBLIK
Pelayanan menurut kamus besar bahasa Indonesia (1988) adalah cara melayani, jasa, atau kemudahan yang diberikan sehubungan dengan jual beli barang atau jasa. Pelayanan menurut Pass et all (1994) dalam kamus bisnis lengkap Collins adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau pribadi. Definisi pelayanan menurut Kotler dalam Nasution (2005:98) adalah aktifitas atau manfaat yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Produknya mungkin terikat atau tidak terikat pada produk fisik.
Moenir (1992:16) menyatakan bahwa pelayanan adalah suatu proses penggunaan akal pikiran, panca indera dan anggota badan dengan atau tanpa alat bantu yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan baik dalam bentuk barang maupun jasa.
Hakikat kualitas pelayanan publik menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2004, dalam Ratminto (2006:19-20) adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, yang berasaskan kepada:
a. Transparansi atau memiliki sifat keterbukaan.
b. Akuntabilitas, atau dapat dipertanggung jawabkan.
c. Kondisional, atau sesuai dengan kondisi untuk memenuhi prinsip efisiensi dan efektifitas.
d. Partisipatif, yang berarti mendorong peran serta masyarakat.
e. Kesamaan hak atau tidak diskriminatif.
f. Keseimbangan hak dan tanggung jawab, antara pihak pemberi pelayanan dan pihak penerima pelayanan.
Selanjutnya, Ratminto (2006:28) menyatakan bahwa hendaknya setiap penyelenggara pelayanan melakukan survey indeks kepuasan masyarakat secara berkala. Hal ini penting untuk meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan agar tetap pada tingkat yang baik, bahkan memuaskan.
Berdasarkan berbagai data Serikat Buruh Seluruh Indonesia dan penelitian yang dilakukan di PPA FE UGM, ada empat agenda besar dalam pergerakan pekerja (Bastian, 2001) :
• Keinginan untuk merubah dan memodifikasi kondisi produksi. Perubahan ini diharapkan menghasilkan demokratisasi dalam bekerja, penggunaan sumber daya yang lebih baik, maksimisasi surplus untuk tujuan sosial.
• Menjamin pajak keuntungan dan usaha dipergunakan untuk program-program pembangunan.
• Distribusi pengeluaran negara yang lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sosial secara merata dalam artian peringkat kemakmuran, ras dan gender.
• Restrukturisasi organisasi, manajemen dan proses pelayanan publik.
Perubahan di atas menandakan adanya perubahan nilai tuntutan masyarakat. Ini tentunya selaras dengan perubahan dari orde baru ke orde reformasi. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah masalah kepemilikan perusahaan negara dan perusahaan daerah. Sebagai agen pelaksana pelayanan publik, permasalahan yang telah dihadapi adalah (PPA,1999) :
• Kurangnya investasi dalam infrastruktur
• Krisis akibat lemahnya stabilitas keuangan makro ekonomi, yang beruntun ke stabilitas perusahaan
• Kebutuhan investasi besar untuk eksplorasi alam
Kondisi di atas muncul akibat alasan-alasan berikut ini:
• Semakin besarnya proporsi untuk pihak investor negeri (Bastian,1999).
• Diversifikasi investasi asing perlu dilakukan, akibat semakin kompetitifnya perburuan modal investasi luar negeri.
• Munculnya berbagai keinginan pihak swasta asing dan dalam negeri untuk berbagai resiko, beban keuangan dan fasilitas pinjaman.
• Berbagai perusahaan swasta menginginkan adanya saham pemerintah, namun sering tidak menerima dan lebih menguntungkan melalui kontrak penyediaan jasa.
Terkait dengan berbagai perubahan yang diungkap diatas, peranan negara dalam pelayanan publik mulai diperdebatkan. Nilai komersial, praktik usaha dan kekuatan pasar amat diperhatikan sebagai faktor yang dominan dan penentu kesuksesan operasional pelayanan publik yang beroperasi maksimal semakin kental (PPA,1999), seperti:
• Barang dan jasa sosial seperti lampu jalan, jalan, pertahanan dan hukum tidak akan dapat diproduksi apabila dilepaskan ke mekanisme pasar.
• Pelayanan kesehatan dan pendidkan tidak akan dapat dilaksanakan dengan harga yang layak.
• Beberapa jasa dan barang akan diproduksi berlebihan apabila tidak diatur secara integral.
• Beberapa barang dan jasa sengaja tidak diproduksi secara cukup akibat strategi monopoli pasar.
Secara umum, masyarakat sebenarnya mengakui fungsi pemerintah sebagai penyedia barang publik; penyedia fasilitas publik seperti kesehatan, pendidikan dan perumahan; pengeluaran pemerintah yang sesuai dengan pendapatan; dan pelayanan ekonomi secara umum. Secara politik dan ekonomi, pengeluaran publik dapat diklasifikasikan dalam:
• Investasi sosial – proyek dan pelayanan yang meningkatkan produktivitas tenaga kerja
• Konsumsi sosial – proyek dan pelayanan yang merendahkan biaya reproduksi dari tenaga kerja
• Pengeluaran sosial – proyek dan pelayanan yang diisyaratkan untuk memastikan stabilitas sosial
Sehingga peranan pemerintah dapat diinterpretasikan sebagai pengambil kebijakan tentang:
• Skala pelayanan – universal atau segmentasi
• Metode penydiaan – oleh perusahaan negara atau swasta melalui kontrak
• Regulasi yang dibutuhkan
• Intervensi terhadap ekonomi lokal dan regional, industri khusus dan perusahaan tertentu
• Sumber keuangan – tipe dan tingkat perusahaan dan pajak individual
Pemahaman diatas menyebabkan dilakukannya evaluasi pelayanan publik yang terjadi di Indonesia :
• Keterbatasan rentang pelayanan yang bisa diberikan, seperti batasnya sambungan saluran telepon, besarnya kuantitas air dan kualitas jalan raya
• Dorongan yang kuat terhadap perusahaan negara untuk mengikuti kriteria pasar
• Manajemen perusahaan negara dan badan sektor publik sering dituntut untuk mengikuti perkembangan metode mutakhir yang umumnya dipraktikan diswasta
• Monitor dan evaluasi prestasi, target dan identifikasi tujuan sosial amatlah sulit, dan hal ini seringkali disebabkan oleh keengganan manajemen untuk mengeluarkan data yang terkait
• Kurangnya pengendalian secara demokratis oleh pekerja dan konsumen
• Terjadinya pencarian modal untuk memaksimasi keuntungan
• Masih berbedanya penghargaan terhadap ide, sikap dan pengalaman pekerja antar organisasi sektor publik dan organisasi swasta.
Namun demikian ada berbagai manfaat lebih dari organisasi sektor publik dibanding organisasi swasta :

• Rentang pelayanan luas dengan biaya yang lebih murah
• Distribusi yang lebih merata
• Kerangka hubungan pekerja dan manajemen lebih bersifat kekeluargaan dan permanen
Manfaat tersebut di Indonesia ternyata masih minimal dibanding dengan kekurangannya. Oleh sebab itu, berbagai tuntutan muncul untuk mengubah orientasi peranan organisasi sektor publik. Ada beberapa alasan untuk mengubah orientasi pelayanan publik :
• Beberapa organisasi swasta dianggap lebih efisien dibanding organisasi sektor publik
• Kekuatan pasar dan kompetisi akan meningkatkan pilihan dan mengurangi biaya pelayanan, sementara itu tuntutan pengembangan kualitas menjadi lebih besar.
• Sektor dan pasar yang kompetitie lebih cepat tanggap pada pilihan konsumen dan kondisi perubahan permintaan dan penawaran
• Pemerintah terlalu besar dan boros, sehingga pemerintah lebih baik berperanan sebagai regulator.
• Mengurangi ketergantungan pada pemerintah dengan meningkatkan partisipasi masyarakat melalui mekanisme pasar dan inisiatif individual.

ELITIS DAN POLITIS
Dalam penetapan biasanya terkesan elit dan politis karena hanya sebahagian orang yang mengambil kebijakan dan terkesan tidak teransparan, maka tarif air minum PDAM di tentukan Melalui Badan Musyawarah (BAMUS) yang dibentuk oleh PDAM. Langkah merupakan langkah maju dalam penetapan tarif menuju kebijakan yang terakuntabilitas, dan perlu diikuti oleh BUMD lainnya. Namun pembentukan badan tersebut belum merupakan sebuah solusi mengingat keterwakilinya stakeholder (pihak-pihak yang berkepentingan) dalam bamus, belum mewujudkan teori stewedship yang memposisikan stake-holder sebagai prinsipal sebagai pemilik yang harus dilayani oleh agent.
Kesulitan dalam penentuan tarif pelayanan mengingat terdapat kesulitan dalam membedakan barang publik dengan barang privat, dikarenakan: adanya kesulitan dalam menentukan batasan antara kedua barang tersebut, adanya pembebanan secara langsung. dalam pengguna barang/jasa publik, dan Kecenderungan membebankan tarif pelayanan langsung daripada membebankannya pada pajak yang dibayarkan secara berkala. Kesulitan berikutnya adalah terdapat anggapan bahwa dalam suatu sistem ekonomi campuran (mixed economy), barang privat lebih baik disediakan oleh pihak swasta (privat market) dan barang publik lebih baik diberikan secara kolektif oleh pemerintah yang dibiayai melalui pajak. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan pemerintah menyerahkan penyediaan barang publik kepada sektor swasta melalui regulasi, subsidi, atau sistem kontrak.











BERAPA HARGA WAJAR
Organisasi sektor publik harus memutuskan berapa pelayanan yang dibebankan pada masyarakat. Aturan yang biasa dipakai adalah beban (charge) dihitung sebesar total biaya total tersebut terdapat (full cost recorvery). Walaupun akan mengalami kesulitan dalam menghitung biaya total dikarena:

Pertama, tidak diketahui secara tepat berapa biaya total (full cost) untuk menyediakan suatu pelayanan. Oleh karena itu, kita perlu memperhitungkan semua biaya sehingga dapat mengidentifikasi biaya secara tepat untuk setiap jenis pelayanan. Namun tidak boleh terjadi pencampur-adukan biaya untuk pelayanan yang berbeda atau harus ada prinsip different costs for different purposes.

Kedua, sangat sulit mengukur jumlah yang dikonsumsi, Karena jumlah biaya untuk melayani satu orang dengan orang lain berbeda-beda, maka diperlukan perbedaan pembebanan tarif pelayanan, sebagai contoh diperlukan biaya tambahan untuk pengumpulan sampah dari lokasi rumah yang sulit dijangkau atau memiliki jarak yang jauh.

Ketiga, pembebanan tidak memperhitungkan kemampuan masyarakat untuk membayar. Jika orang miskin tidak mampu membayar suatu pelayanan yang sebenarnya vital, maka mereka harus disubsidi. Mungkin perlu dibuat diskriminasi harga atau diskriminasi produk untuk menghindari subsidi. Keempat, biaya yang harus diperhitungkan, apakah hanya biaya operasi langsung (current operation cost), atau perlu juga diperhitungkan biaya modal (capital cost). Yang akan memasukkan bukan saja biaya opersai dan pemeliharaan, akan tetapi juga biaya penggantian barang modal yang sudah usang (kadaluwarsa), dan biaya penambahan kapasitas Hal inilah yang disebut marginal cost pricing.

STRATEGI HARGA
Terdapat beberapa alternatif dalam menentukan harga yaitu dengan two-part tariffs: yaitu fixed charge untuk menutupi biaya overhead atau biaya infrastruktur dan variabel charge yang didasarkan atas besarnya konsumsi. Dengan Peakload tariffs: pelayanan publik dipungut berdasarkan tarif tertinggi. Permasalahannya adalah beban tertinggi, membutuhkan tambahan kapasitas yang disediakan, tarif tertinggi untuk periode puncak harus menggambarkan higher marginal cost (seperti telepon dan transportasi umum). Dengan diskriminasi harga. Hal ini adalah salah satu cara untuk mengakomodasikan pertimbangan keadilan (equity) melalui kebijakan penetapan harga, dengan Full cost recorvery. Harga pelayanan didasarkan pada biaya penuh atau biaya total untuk menghasilkan pelayanan dan harga di atas marginal cost. Dalam beberapa kasus, sengaja ditetapkan harga di atas marginal cost, seperti tarif mobil, adanya beberapa biaya perijinan atau licence fee.







Penetuan tarif ini juga harus mempertimbangkan Opportunity cost untuk staf, perlengkapan dll, Opprtunity cost of capital, Accounting price untuk input ketika harga pasar tidak menunjukkan value to siciety (opportunity cost). Polling, ketika biaya berbeda-beda antara setiap individu dan cadangan inflasi. Pelayanan menyebabkan unit kerja harus memiliki data biaya yang akurat agar dapat mengestimasi marginal cost, sehingga dapat ditetapkan harga pelayanan yang tepat.
Marginal cost pricing bukan merupakan satu-satunya dasar untuk penetapan harga di sektor publik. Digunakan marginal cost pricing atau tidak, yang jelas harus ada kebijakan yang jelas mengenai harga pelayanan yang mampu menunjukkan biaya secara akurat dan mampu mengidentifikasi skala subsidi publik.

STANDAR MINIMUM
Berapa pun harga yang dibebankan kepada masyarakat harusnya juga merujuk pada standar yang dibuat oleh organisasi sektor publik sebagi bentuk perbandingan pelayanan yang dapat di ukur, untuk itu sektor publik harus segera merumuskan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang menekankan pada pengelolanan sektor publik yang memiliki paradigma Value for money merupakan konsep pengelolaan organisasi sektor publik yang mendasarkan pada tiga elemen utama yaitu: ekonomi, efesiensi, dan efektivitas ekonomi merupakan perbandingan input dengan input value yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Ekonomi terkait dengan sejauh mana organisasi sektor publik dapat meminimalisir input resources yang digunakan yaitu dengan menghindari pengeluaran yang boros dan tidak produktif. Efisiensi: pencapaian output yang maksimium dengan input yang tertentu atau penggunaan input yang terendah untuk mencapai output tertentu dan efisiensi merupakan perbandingan output/input yang dikaitkan dengan standar kinerja atau target yang telah ditetapkan.
Dalam penentuan standar pelayanan minimum sebagai feed-back pelayanan kepada masyarakat maka organisasi sektor publik harus memperhatikan stakeholder sebagai orang yang berkentingan dengan keberadaan perusahaan karenanya keterlibatan stakeholder dalam penyusunan tarif dan standar pelayanan minimum sangat urgen seperti, masyarakat umum, akademisi dan para konsultan dan pihak yang consen dalam sektor publik.

KESIMPULAN
Pembebanan pelayanan publik merupakan salah satu sumber penerimaan bagi pemerintah selain pajak, penjualan aset milik pemerintah, utang, dan laba BUMN/BUMD. Aturan yang bisa dipakai adalah beban dihitung sebesar total biaya untuk menyediakan pelayanan tersebut. Dalam menentukan harga pelayanan publik juga dianut konsep different cost for purposes yaitu membedakan biaya untuk pelayanan yang berbeda. Masalah lain adalah adanya hidden cost yang menyulitkan dalam mengetahui total biaya. Kesulitan untuk menghitung biaya total adalah karena sulit mengukur jumlah yang dikonsumsi dan perbedaan jumlah biaya untuk melayani masing-masing orang.







DAFTAR PUSTAKA

http://antikorupsi.org/indo
Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik:Penentuan Harga Pelayanan Publik. Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta