lukman blog

blog untuk tempat berbagi ilmu pengetahuan

lukman blog

blog untuk membagi tempat - tempat yang bagus untuk liburan

lukman blog

blog untuk tempat shering ilmu internet

lukman blog

blog untuk membagi bisnis internet

lukman blog

tempat berbagi, mencari ilmu, membagi rezeki dan mencari uang

Membangun Tim PTC, RCB 50%

salam blogger teman-teman saya mau menawarkan RCB untuk PTC 88clix, ptc ini masih terhitung baru dan adminnya juga sudah berpengalaman dan terpercaya...
sebelum daftar harap bersihkan cookes anda terlebih dahulu agar tidak salah daftr ke link yang lain.

untuk daftar silahkan klik link berikut ini






 















Penawaran :
Anda akan dibayar klik ($ 0,0025) refback selama 30 detik iklan PTC dan 60 iklan PTC sec
Anda bisa mendapatkan RCB dari saya 50%

★ ★ Pembayaran
Pembayaran akan dibayar biasanya dalam waktu 24 jam dari permintaan, atau pada hari Jumat berikutnya
Saya hanya menggunakan PayPal

KHUSUS:.
50% dari komisi Upgrade via PAYPAL (PM  me or post in this blog)

Rules:
1. Hanya menerima pengguna dari negara-negara yang dapat menerima pembayaran pribadi.
2. Bila Anda menerima RCB Anda, silahkan posting di sini dengan "Dibayar".
3. Kegagalan untuk mengklik 7 hari berturut-turut tanpa pemberitahuan dan Anda akan dihapus dari tawaran tersebut.
4. Jika penipuan situs, kesepakatan tidak aktif.
5.Jika Site mengubah tingkat rujukan klik, aku berubah sesuai

Catatan:
Aku hanya perlu Clickers ACTIVE, jangan bergabung hanya Sign up saja..
PM atau Post di sini pengguna-nama yang telah Anda daftarkan di bawah saya untuk konfirmasi.

RCB 50% untuk PTC 88clix

salam blogger teman-teman saya mau menawarkan RCB untuk PTC 88clix, ptc ini masih terhitung baru dan adminnya juga sudah berpengalaman dan terpercaya...
sebelum daftar harap bersihkan cookes anda terlebih dahulu agar tidak salah daftr ke link yang lain.

untuk daftar silahkan klik link berikut ini




Penawaran :
Anda akan dibayar klik ($ 0,0025) refback selama 30 detik iklan PTC dan 60 iklan PTC sec
Anda bisa mendapatkan RCB dari saya 50%

★ ★ Pembayaran
Pembayaran akan dibayar biasanya dalam waktu 24 jam dari permintaan, atau pada hari Jumat berikutnya
Saya hanya menggunakan PayPal

KHUSUS:.
50% dari komisi Upgrade via PAYPAL (PM  me or post in this blog)

Rules:
1. Hanya menerima pengguna dari negara-negara yang dapat menerima pembayaran pribadi.
2. Bila Anda menerima RCB Anda, silahkan posting di sini dengan "Dibayar".
3. Kegagalan untuk mengklik 7 hari berturut-turut tanpa pemberitahuan dan Anda akan dihapus dari tawaran tersebut.
4. Jika penipuan situs, kesepakatan tidak aktif.
5.Jika Site mengubah tingkat rujukan klik, aku berubah sesuai

Catatan:
Aku hanya perlu Clickers ACTIVE, jangan bergabung hanya Sign up saja..
PM atau Post di sini pengguna-nama yang telah Anda daftarkan di bawah saya untuk konfirmasi.

Pengertian Media Sosial, Peran serta Fungsinya

Pengertian Media Sosial, Peran serta Fungsinya

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
              Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
              Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
              Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.



Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan Media Sosial
              Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.media sosial yang sekarang lagi berkembang ialah FB,Twitter, YM, wahtshap,phone banking, internet banking dll.
Peran dan Fungsi Media Sosial
            Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
  • Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
  • Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.

  • Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
  • Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.

Fungsi Media Sosial
              Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
  • Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi  konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
  • Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
  • Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
  • Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk  mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
Cara Penggunaan  Media Sosial
a.       Facebook
      Facebook  adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berguna sebagai alat komunikasi dan sharing antar penggunanya.adapun tatacara penggunaan facebook yang baik adalah:
1.       Bersifat sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
2.       Hindari memposting segala hal dalam hidup kamu.
3.       Kenali dengan baik siapa yang akan menjadi teman anda
4.       Tidak memposting hal-hal yang mengandung unsur-unsur pornografi dan SARA.
5.       Jangan jadikan Facebook sebagai ajang cari jodoh.
6.       Manfaatkan facebook sebagai ajang diskusi di grup yang anda sukai.
7.       jalinlah hubungan baik dengan para pengguna facebook lainnya dengan baik.
8.       Jangan menggunakan facebook secara berlebihan sehingga anda tidak peduli dengan lingkungan anda.
b.      YM (yahoo messenger)
    Berikut ini akan di jelaskan langkah-langkah menjalan aplikasi yahoo messenger bagi pemula:
1.       Mempunyai id yahoo messenger, ini bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftar email di mail.yahoo.com, atau bagi kamu yang sudah memiliki email yahoo, kamu bisa gunakan email yahoo kamu sebagai Id yahoo messenger kamu. Namun jika belum mempunyai email yahoo kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
2.       Jika sudah mempunyai Id yahoo messenger kamu harus memiliki Aplikasi atau software yahoo messenger, jika belum punya aplikasi yahoo messenger silahkan download, jika sudah kamu download silahkan instal aplikasi yahoo messenger pada laptop maupun smartphone anda.
3.       Jika sudah di instal Buka aplikasi yahoo messsenger yang sudah terinstal pada komputer atau PC kamu,
4.       Masukkan ID yahoo messenger dan pasword kamu pada kolom yang telah disediakan
5.       setelah itu tekan Sign in
6.        Karena ID kamu masih baru tentunya kamu harus tahu caranya menambahkan ID yahoo teman kamu, untuk menambahkan ID yahoo messenger teman kamu adalah dengan cara klik menu contact kemudian klik add contact, setelah id yahoo teman kamu ditambahkan, kamu tinggal menunggu konfirmasi dari teman kamu, apakah permintaan penambahan ID YM kamu disetujui atau tidak
7.       Cara menambahkan teman sudah, sekarang saatnya melakukan chatting dengan teman atau kenalan kita.
8.       jika telah selesai chatting lakukan sign out untuk keluar dari chatting yahoo messenger.

c.       Line
Line adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain jika kita terhubung di Internet. Aplikasi Line dibuat dan dikembangkan oleh salah satu perusahaan dari Jepang "NHL Corporation". Aplikasi ini pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2011 dan waktu itu terbatas hanya untuk sistem iOS dan Android, dan beberapa waktu kemudian Line masuk pada perangkat Blackberry. Pada tahun 2012 Line telah resmi meluncurkan aplikasi untuk bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac. Cara menggunakan aplikasi line adalah sebagai berikut :
1.       Silahkan download dulu aplikasi Line pada Google Play
2.       Setelah terinstall di Android, silahkan buka Aplikasi Linenya
3.       Pilih NEW USER
4.        Kemudian masukkan nomor ponsel sebagai ID Anda, biasanya ini akan terdeteksi secara otomatis.
5.        Lalu klik NEXT
6.        Kemudian akan muncul form Term of Service dari pihak Line, klik I Agree With Terms And Verify
7.       Lalu Anda akan diminta memasukkan nomor yang akan dikirimi KODE VERIFIKASI dari Line, klik OK
8.       Tak lama kemudian Anda akan menerima SMS dari Naverline yang isinya adalah kode verifikasi. Masukkan kode tersebut kedalam form yang telah disediakan pada aplikasi Line. Kode tersebut akan terdeteksi secara otomatis.
9.       Dan LINE siap untuk digunakan.
d.      Whatshap
    WhatsApp adalah layanan pesan multiplatform yang menggunakan sambungan internet ponsel Anda untuk chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya. Sebelum menggunakan WhatsApp anda harus menginstall WhatsApp dengan cara sebagai berikut:
1.       Download aplikasi tersebut dari websitenya
2.       Install aplikasi tersebut ke smartphone
3.       Daftarkan nomer telepon anda tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena WhatsApp menggunakan nomor telepon anda untuk mendaftar anda dalam databasenya.
4.       Aplikasi kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS yang mengharuskan anda untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah anda mengkonfirmasikan nomor telepon anda, anda siap untuk menggunakannnya
5.       Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mendata phonebook untuk menunjukan siapa-siapa saja yang sudah menggunakan WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja yang sudah masuk ke daftar, tekan pada tab contact. Mereka yg menggunakan WhatsApp akan memiliki status disamping nama mereka.
6.       Mulailah perbincangan dengan temana-teman anda yang menggunakan WhatsApp dengan mengklik nama tersebut
7.       Anda dapat juga mengundang teman anda untuk menggunakan WhatsApp aplikasi dengan menggunakana “Invite Friends”
e.      Offline payment
    Offline payment adalah pembayaran yang di lakukan secara langsung ( bertatap muka) antara pembayar ataupun yang menerima pembayaran, kalau di bank offline payment di lakukan dengan cara sebagai berikut :
1.       Nasabah mengisi fomulir untuk menabung atau menarik uang
2.       Mengambil no antrian
3.       Menunggu di panggail sesuai dengan no antrian
4.       Menyerahkan formulir kepada kasir,
5.       Menunggu formulir d proses
6.       Menerima uang bagi yang mengambil uang dan menerima buku tabungan bagi yang menabung.
7.       Selesai
f.        Phone banking
     Phone banking adalah salah satu fitur yang di sediakan oleh bank agar nasabah dapat bertransaksi dengan mudah dimana saja tanpa harus datang ke bank, berikut tata cara memperolah dan mengoperasikan fitur phone banking:
1.       Nasabah bank mandiri dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan bank mandiri mobile dengan cara, SMS ke nomor 3355 dengan perintah ketik Reg Mobile, Situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id. Layanan unduh aplikasi resmi mitra Bank Mandiri, seperti Blackberry App World, App Store, Android Market
2.       Selanjutnya apabila aplikasi bank mandiri mobile sudah selesai diunduh, maka nasabah bank mandiri wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan setiap kali login ke dalam aplikasi.
3.       Untuk dapat melakukan transaksi keuangan dengan fitur bank mandiri mobile, maka nasabah bank mandiri tersebut wajib terdaftar sebagai user aktif bank mandiri sms karena otorisasi transaksi via bank mandiri mobile menggunakan PIN bank mandiri sms.
4.       Untuk pengguna iPhone, disamping menggunakan PIN bank mandiri sms juga ditambahkan dengan SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi. OTP akan dikirim ke inbox, untuk memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bank mandiri bisa masuk ke menu setting notification pada iPhone.



g.       Internet banking :
    BRI Internet Banking adalah suatu cara baru untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet yang memudahkan Anda untuk selalu dapat berinteraksi dengan Bank dimana pun Anda berada dengan cepat, aman dan mudah.
Cara memperoleh layanan internet banking dari bank sebagai berikut :
1.       Anda harus memiliki rekening tabungan terlebih dahulu
2.       Anda harus mengaktifkan internet banking serta registrasi  Mtoken melalui atm atau datang ke costumer servis di bank
3.       Anda akan diminta membuat USER ID dan password Internet Banking oleh Customer Service dan untuk pendaftaran dari ATM, hanya password yang diminta.
4.       Anda akan diberikan struk berisi User ID yang digunakan untuk login (daftar melalui ATM)
Cara login ke internet banking adalah sebagai berikut :
1.       Masuk ke dalam web resmi bank anda dan cari menu internet banking
2.       Masukkan [USER ID] dan [PASSWORD].
3.       Masukkan [VALIDASI] yaitu 4 digit angka yang ada di layar
4.       Pilih bahasa yang akan digunakan pada pilihan [BAHASA].
5.       Klik [LOGIN] untuk mengakses menu/fasilitas yang tersedia di Internet Banking.
6.       Jika ini merupakan login pertama Anda, Anda diminta membaca Syarat & Ketentuan penggunaan terlebih dahulu. Klik [SETUJU] bila Anda setuju untuk tunduk ke Syarat & Ketentuan tersebut.
7.       Jika Anda mendaftar melalui ATM, layar berikutnya adalah Layar Aktivasi dimana Anda diharuskan mengganti password dan memasukkan alamat email Anda. 
8.       Ketik password lama ke dalam kotak [MASUKKAN PASSWORD LAMA]
9.       Ketik password baru ke dalam kotak [MASUKKAN PASSWORD BARU]
10.   Setelah selesai logout dulu baru login denga paswor baru kemudian anda sudah bisa memulai transaksi menggunkan internet banking anda.

Aspek Keperilakuan Pada Persyaratan Pelaporan



 
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya berkat Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini, dalam Mata Kuliah Akuntansi Keperilakuan. Makalah ini tentunya dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan berbagai pihak. Makalah  ini dapat terselesaikan dengan materi “Aspek Keperilakuan Pada Persyaratan Pelaporan”.
Saya menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan sehingga perlu dibenahi. Oleh karena itu, saya sangat mengharapakan kritik serta saran yang sifatnya membangun guna kesempurnaan makalah ini, agar makalah ini dapat berguna serta bermanfaat bagi pengembangan wawasan yang senantiasa dinamis. Akhir kata, saya berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan penyusun pada khususnya.











BAB I
PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG
Akuntansi memiliki tujuan memberikan informasi kepada pihak – pihak yang berkepentingan. Akuntansi merupakan media komunikasi, dalam pelaporan hal tertentu seperti sumber daya alam biasanya dilaporkan secara sukarela kecuali pembuat laporan keuangan menyakini bahwa si penerima informasi akan berperilaku sebagaimana yang idinginkan sebagai tujuan pelaporan.
Dalam organisasi manajer biasanya memiliki hak untuk mengharuskan bawahannya melaporkan aspek – aspek yang harus dilaporkan dalam kinerja mereka. Setiap orang yang terlibat dalam penyusunan laporan akuntansi perlu memahami dampak yang mungkin ditimbulkan dari persyaratan pelaporan terhadap perusahaan.
Pembuat laporan akuntansi dapat dengan sengaja melaporkan informasi palsu , informasi yang tidak akurat. Guna memastikan keandalan dari informasi akuntansi yang dilaporkan  adalah fungsi penting dari audit keuangan, persyaratan pelaporan dapat mempengaruhi perilaku pelapor dalam beberapa cara.
Antisipasi penggunaan informasi dilakukan oleh pembuat informasi untuk mencari tahu reaksi yang akan terjadi dari penerima informasi atas informasi tersebut, sehingga dampak negative dari informasi dapat diminimalisir.

1.2       RUMUSAN MASALAH
            Adapun rumusa masalah dalam makalah ini. Yaitu sebagai berikut:
1.      Bagaiman syarat-syarat pelaporan?
2.      Bagaimana persyaratan pelaporan mempengaruhi perilaku?
3.      Bagaimana dampak persyaratan pelaporan?
4.      Bagaimana penilaian dampak terhadap pengirim informasi?



1.3       TUJUAN
Tujuan dibuatnya makalah ini antara lain:
1.      Untuk memenuhi dan melengkapi tugas mata kuliah akuntansi keperilakuan,sehingga membantu efektifitas pembelajaran khususnya pada akuntansi keperilakuan di BAB 12
2.      Untuk mengetahui Bagaiman syarat-syarat pelaporan?
3.      Untuk mengetahui Bagaimana persyaratan pelaporan mempengaruhi perilaku?
4.      Untuk mengetahui Bagaimana dampak persyaratan pelaporan?
5.      Untuk mengetahui Bagaimana penilaian dampak terhadap pengirim informasi?


BAB II
PEMBAHASAN

2.1              SYARAT-SYARAT PELAPORAN
Dunia saat ini penuh dengan persyaratan untuk melaporkan informasi kepada orang lain tentang siapa atau apa kita ini, bagaimana kita menjalankan hidup kita, bagaimana kita mengerjakan pekerjaan kita ,dan seterusnya. Hal – hal ini pada umumnya sering disebut sebagai persyaratan pelaporan. Kebanyakan riset tentang akuntansi keperilakuan mengenai dampak informasi telah memfokuskan pada bagaimana penerima menggunakan informasi yang dilaporkan guna membuat penilaian dan atau keputusan. Sehingga penting sekali untuk memahami bahwa dampak persyaratan pelaporan terhadap perilaku dari mereka yang diharuskan untuk memberikan laporan informasi tertentu musti dikaji. Istilah “pelapor” dan “pengirim” akan digunakan secara bergantian dan mengacu pada individu, orgaisasi atau kelompok lain yang diharuskan untuk melaporkan informasi.

Intisari dari pelaporan akuntansi adalah komunikasi atas informasi yang memiliki implikasi keuanganatau manajemen. Karena pengumpulan dan pelaporan informasi mengonsumsi sumberdaya, biasanya hal yang mana tidak dilakukan dengan suka rela kecuali pelapor yakin bahwa hal ini memberikan si penerima informasi berperilaku sebagaimana yang diinginkan pelapor.  Yang mana pula kebanykan dari informasi akuntasi digunakan dan dikomunikasikan hanya karaena seserang memiliki posisi kekuasaan.
Informasi pula yang dilaporkan adalah bagian yang penting dari proses pengendalian organisasi. Tanpa informasi, manajer, kreditor dan pemilik tidak dapat mengatakan apakah segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana aau apakah tindakan korektif diperlukan. Meskipun alternatif seperti pengamatan langsung dan audit kadang kala digunakan, informasi ang dilaporkan adalah cara paling umum untuk memperoleh informasi yang digunakan untuk pengendalian. Adalah penting untuk memahami dampak dari persyaratan pelaporan karena kelaziman dan biayanya.
Persyaratan pelaporan dikenalkan dan dipaksakan oleh beraneka ragam prang dan organisasi dengan cara yang beraneka rupa. Dalam organisasi, manajer biasanya memiliki hak untuk mengharuskan bawahannya melaporkan aspek mana pun dari kinerja pekerjaan mereka. Apakah mereka dapat melaksanakan persaratan semacam itu dengan efektif adalah kurang jelas dan bergantung pada sejumlah faktor organisasional, dan mungkin pribadi. Perusahaan-perushaan ang dimiliki oleh publik diharuskan untuk melaporkan secara ekstensif kepada BAPEPAM dan publik untuk status keuangan dan operasinya. Setiap orang ang terlibat dalam perancangan atau penggunaan sistem informasi perlu memahami dapak yang mungkin dari persyaratan pelaporan terhadap pengirim informasi, serta bagaimana memprediksikan dan mengidentifikasikan dampak semacam itu.




2.2       BAGAIMANA PERSYARATAN PELAPORAN MEMPENGARUHI PERILAKU
Gagasan bahwa persyaratan pelaporan mempengaruhi perilaku pelaporan bukanlah sesuatu yang baru atau bagi manajemen dan akuntansi. Para psikolog sangat menyadari bahwa orang dapat merespon terhadap “ tuntunan” dari situasi eksperimental dengan keperilakuan secara berbeda dengan apa ang mereka lakukan dalam situasi lain. Sementara psikolog eksperimental mencoba untuk menghindari hal itu krena orientasi dan riset mereka. Manajer dan badan reguer secara aktif mencoba untuk memberikan tuntunan kepada orang lain guna membuat mereka berperilaku dengan cara tertentu. Manajer dan badan regulasi menggunakan persyaratan pelaporan baik menggunakan tuntutan seacam itu dan untuk menediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi prilaku dan kinerja.
Persyaratan pelaporan dapat mempengaruhi prilaku pelaporan dalam beberapa cara. Bentuk lain dari pegukuran yang digunakan dalam organisasi seperti audit dan pengamatan langsung, juga memiliki banyak dampak ang sama terhadap persyaratan pelaporan, setelah dampak spesifiknya sendiri.

Antisipasi Penggunaan Informasi
Ketika persyaratan pelaporan dikenakan, adalah umum bagi si pengirim untuk paling tidak berfikir, jika tidak bertanya “ mengapa mereka menginginkan informasi ini? Bagaimana ereka akan menggunakannya?”. Si pengirim ingin mengetahui apakah di penerima akan mengambil sutu tindakan yang berkaitan dengan, atau memiliki pendapat mengenai si pengirim karena informasi yang dilaporkan tersebut. Karena si penerima menggunakan informasi ang dilaporkan sebagai suatu dasar untuk evaluasi kinerja dan penilaian lainnya, pertimbangan si pengirim mengenai penggunaan ang mungkin sangat berdasar.
Pengirim menggunakan persyaratan pelaporan itu sendiri, bersama-sama dengan informasi lainnya, untuk mengantisipasi bagaimana penerima akan bereaksi terhadp informsi yang dilaporkan.

Persyaratan pelaporan kemungkinan besar akan mempengaruhi perilaku pengirim ketika informasi yang dilaporkan merupakan deskripsi mengenai prilaku pengirim atau sesuatu yang dipengaruhi oleh si pengirim atau sesuatu untuk mana si pengirim bertanggung jawab.

Prediksi Si Pengirim Mengenai Penggunaan Si Pemakai.
Kadang kala penerima mengatakan dengan jelas bagaimana mereka menginginkan si pengirim untuk berprilaku. Tapi seringkali mereka tidak menginginkan atau mereka mungkin menginginkan banyak hal-hal yang sulit untuk dicapai secara simultan, seperti laba jangka pendek yang tinggi, pertumbuhan jangka panjang yang baik atau citra publik yang bagus. Jik si pegirim bertanggung jawab kepada si penerima. Apa yang diharuskan untuk dilaporkan oleh pengirim adalah suatu tanda bagi pengirim sebelum tindakan diambil, mengenai tindakan dan hasil yang penting bagi si penerima.
Dalam kasus-kasus lain, adalah jelas dari respon penerima, atau kurangnya respon penerima, bahwa mereka tidak menggunakan informasi yang dilaporkan seperti yang mereka katakan. Anekdot klasik mengenai hal ini adalah mahasiswa yang mengetik alamat yang panjang di tengah-tengah suatu makalah untuk menambah ketebalannya. Makalah tersebut dikembalikan dengan suatu nilai, tetapi tanpa indikasi bahwa dosen tersebut telah melihat hal itu.
Insentif/ Saksi
Semakin besar potensi insentif dan sanksi yang diberikan oleh pihak manajemen dalam suatu organisasi misalnya, maka si pembuat informasi akan semakin berhati – hati dalam bertindak untuk memastikan bahwa informasi yang ia buta dapat diterima dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Penetuan Waktu
Waktu adalah faktor penting dalam menentukan apakah persyaratan pelaporan akan menyebabkan perubahan dalam prilaku pengirim atau tidak. Supaya pelaporan persyaratan dapat menyebabkan pengirim mengubah prilakunya, ia harus mengetahui persyaratan pelaporan tersebut sebelum i bertindak. Jika persyaratan pelaporan hanya terjadi setelah pengiriman telah bertindak, maka ia ada peluang untuk mengubah prilaku masa lalu.

Strategi Respon Iteratif.
Mengubah suatu perilaku memerlukan biaya yang bias dibilang mahal. Adanya banyaj tuntutan, batasan, dan keinginan bersaing satu sama lain . perubahan apa pun itu yang terjadi dalam perilaku melibatkan berbagai dimensi yang menghabiskan  banyak waktu ,tenaga , uang dan banyak hal lainnya.

Pegarah Perhatian
Dampak mengarahkan perhatian dapat dianggap sebagai dampak dari pencatatan dan bukannya dampak dari pelaporan informasi karena dampak tersebut timbul dari kepentingan pengirim itu sendiri dan tidak bergantung kepada informsi yang dilaporkan kepada siapapu.

PERTIMBANGAN YANG MEMPENGARUHI PELAPOR MERUBAH INFORMASI:
1.           Seberapa jelas keinginanoenerima informasi yang mereka haraokan terjadi
2.           Seberapa jelas kegunaan informasi yang mereka harapkan akan digunakan.
3.           Penghargaan dan sanksi yang di berikan
4.            Penghargaan dan sanksi yang digunakan
5.           Seberapa besar perubahan satu dimensi akan mempengaruhi atau mengubah dimensi lainnya.

2.3       DAMPAK DARI PERSYARATAN PELAPORAN
Persyaratan pelaporan dapat mempengaruhi perilaku di semua bidang akuntansi yang mana diantaranya:
Akuntansi Keuangan
Adanya badan – badan yang berwenang dalam akuntansi keuangan, seperti SEC, FASB, GAAP. Beberapa prinsi akuntansi diterapkan setelah diperdebatkan terlebihdahulu mengenai dampak penerapannya.

Akuntansi Perpajakan
Akuntansi perpajakan adalah bidang yang sangat sensitive dalam kaitannya dalam persyaratan pelaporan
Akuntansi Manajerial
Hanya terdapat sedikit data akuntansi manajemen yang tersedia bagi public karena jarang dilaporkan diluar organisasi bersangkutan.
Akuntansi Sosial
Akuntansi social eksternal masih bersifat sukarela, dan menimbulkan banyak konflik dengan kinerja perusahaan.

2.4       PENILAIAN DAMPAK TERHADAP PENGIRIM INFORMASI.
Terdapat banak cara untuk menilai dapak dari persaratan pelaporan terhadp  pengiriman informasi. Yang paling tersedia adalah pegambilan keputusan deduktif, yang melibatkan pemikirab secara hati-hati mengenai bagaimana persyaratan pelaporan akan berinteraksi dengan kekuatan-kekuatan motivasional lainnya guna membentuk prilaku manajer. Teknik ini sebaikna selalu digunakan sebelum memberlakukan suatu persyaratan pelaporan.
Metode lain adalah dengan menyatakan kepada para pelapor mengenai prilaku mereka. Suatu cara formal untuk melakukan hal ini adalah dengan survei, ang dapt terdiri atas pertanyaan-pertanyaan sempit dengan kemungkinan tanggapan ang ditentukan atau atas pertanyaan-pertanyaan luas dengan kemungkinan jawaban yang terbuka atau atas gabungan dari keduanya.  Metode ini hanya memberikan apa yang rela dan mampu diberikan oleh pelapor kepada anda mengenai proporsi mereka sendiri atas prilaku dan reaksinya terhadap persaratan pelapor.  Pelapor bisa berfikir bahwa mereka telah mengubah prilaku mereka dengan cara-cara atau jumlah yang sebenarnya tidak mereka lakukan, atau sebaliknya.




BAB III
PENUTUP

3.1       KESIMPULAN
Sebagaimana dipahami bersama, masalah pokok dari proses akuntansi adalah implikasi komunikasi informasi mengenai keuangan dan menajemen. Namum bukan hanya pihak pelapor informasi saja yang memiliki harapan, pihak penerima informasi juga memiliki harapannya sendiri lewat perilaku ditunjukkan pada informasi tersebut. Kedua belah pihak masing – masing memiliki perilaku berbeda terhadap informasi yang sama. Dengan demikian, untuk mencapai efektivitas komuniikasi pihak penerima informasi harus menyadari perilaku dari pihak pengirim informasi karena pihak pengirim informasi dapat bertindak disfungsional terhadap informasi, oleh karena itu bentuk laporan yang menjadi bagia dari rangkaian komunikasi perlu ditinjau mana kala membawa dampak negative bagi proses komunikasi informasi.
















DAFTAR PUSTAKA

R.W.Ackerman,1973. “How Companies Respond to Social Demands, “Harvard Business Review (Juli-Agustus).
D.F. Hawkins, 1969. “Behavioral Implications of Generally Accepted Accounting Principles”, California Management Review, 12, No. 2 (Musim Dingin): hal 12-21.
V.F.Ridgway, 1956. “Disfunctional Consequences of Perfomance Measurements”, Administrative Science Quartery 1, No.2 (September): hal. 240-47.
Siegel, Gary, dan Marcony H.R, 1989. “Behavioral Accounting, South-Western Publishing co, Cincinnatim Ohio.