Mengenal T-50 Golden Eagle, Pesawat Tempur Korsel yang Ditaksir RI

 
VIVAnews - Pemerintah Indonesia menggaet perusahaan pembuat perangkat perang Korea Selatan untuk memperbarui sistem pertahanan negara. Salah satu yang akan dibeli adalah pesawat jet latih T-50 dan kapal selam.

Menurut laman Asian Defence News April lalu, Indonesia memilih bekerjasama dengan Korean Aerospace Industries dalam penyediaan pesawat berbobot kosong 4.600 kilogram tersebut. Pesawat yang pertama kali dikembangkan tahun 90an ini adalah kebanggan Korsel dalam kelas pesawat supersonic latih dan tempur. Pesawat ini pertama kali terbang tahun 2002 dan mulai bertugas di angkatan udara Korsel pada 2005.

Pesawat latih T-50 ini kemudian dikembangkan menjadi pesawat lainnya untuk tujuan akrobatik dan serang, di antaranya adalah T-50B, TA-50 dan FA-50. Terdapat banyak kesamaan antara pesawat ini dengan pesawat F-16 Fighting Falcon buatan Lockheed Martin Amerika Serikat. T-50 dapat mencapai ketinggian 14.600 meter dan berkecepatan maksimal Mach 1,4-1,5. Pesawat ini didesain memiliki daya terbang selama 8000 jam.

Indonesia berencana membeli sebanyak 16 pesawat T-50 dari Korsel. Harganya akan ditentukan kemudian dalam negosiai. Menurut laman aircraftcompare.com, harga satuan pesawat ini mencapai US$21 juta atau sekitar Rp179,9 miliar. Menurut media di Korsel, pemerintah Korsel akan membeli pesawat CN-235 buatan Indonesia jika pemerintahan SBY jadi memborong T-50.

Pembicaraan masalah ini akan dilakukan dalam kunjungan Menteri Pertahanan Korea Selatan, Kim Kwan-jin, ke Indonesia hari ini, Jumat, 9 September 2011. Dalam kunjungannya, Kim akan didampingi oleh para eksekutif dari sembilan kontraktor pertahanan Korea, termasuk Daewoo Shipbuilding and Marine, perusahaan pembuat kapal selam ternama Negeri Ginseng.

Perusahaan Daewoo menguasai pasar kapal selam di Korsel sampai awal tahun 1999. Sejak tahun 1991, perusahaan ini telah membuat sembilan kapal selam diesel seberat 1.200 ton, bekerja sama dengan perusahaan kapal selam Jerman Howaldtswerke-Deutsche Werft. Indonesia rencananya akan membeli kapal selam dari perusahaan ini dengan kontrak senilai US$1 miliar atau sekitar Rp8,5 triliun.

Pemerintah Korsel telah menunjuk perusahaan ini untuk membuat kapal selam tipe 214 seberat 1.800 ton dilengkapi dengan rudal serta sistem sensor canggih yang diperkirakan selesai pada 2018. Harga satuan kapal selam ini sekitar 110 miliar won atau sekitar Rp879 miliar. 
 
Sekilas Tentang T-50 Golden Eagle
T-50 Golden Eagle adalah pesawat latih supersonik buatan Amerika-Korea. Dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin. Program ini juga melahirkan A-50, atau T-50 LIFT, sebagai varian serang ringan.
Walaupun militer Amerika Serikat tidak ada rencana untuk membeli pesawat ini , tapi penamaan militer amerika secara resmi diminta untuk pesawat ini guna menghindari konflik penamaan dikemudian hari.

Program T/A-50 dimaksudkan sebagai pengganti dari berbagai pesawat latih dan serang ringan. Ini termasuk T-38 dan F-5B untuk pelatihan dan Cessna A-37BClose Air Support; yang dioperasikan AU Republik Korea. Program ini pada awalnya dimaksudkan untuk mengembangkan pesawat latih secara mandiri yang mampu mencapai kecepatan supersonik untuk melatih dan mempersiapkan pilot bagi pesawat KF-16 (F-16 versi Korea). T-50 mmembuat Korea Selatan menjadi negara ke-12 yang mampu memproduksi sebuah pesawat tempur jet yang utuh. Beberapa produk korea lainnya adalah KT-1 produk Samsung Aerospace (sekarang bagian dari KAI), dan produk lisensi KF-16. Sebagian besar sistem utama dan teknologinya disediakan oleh Lockheed Martin, secara umum bisa disebut T/A-50 mempunyai konfigurasi yang mirip dengan KF-16.

Pengembangan pasawat ini 13% dibiayai oleh Lockheed Martin, 17% oleh Korea Aerospace Industries, dan 70% oleh pemerintah Korea Selatan. KAI dan Lockheed Martin saat ini melakukan program kerjasama untuk memasarkan T-50 untuk pasar internasional.

Program induknya, dengan nama kode KTX-2, dimulai pada 1992, tapi Departemen Keuangan dan Ekonomi menunda program KTX-2 pada 1995 karena alasan finansial. Dinamai T-50 Golden Eagle pada February 2000, Perakitan pertama T-50 selesaii 15 January, 2001. Penerbangan pertama T-50 terjadi pada Agustus 2002, dan pengujian tugas operasional pertama mulai Juli 28 sampai 14 Agustus, 2003. Angkatan Udara Korsel menandatangani kontrak produksi untuk 25 T-50 pada Desember 2003, dan pengiriman dijadwalkan pada 2005 sampai 2009.

Persenjataan

Kanon 20 mm General Electric M61 Vulcan dengan 205 peluru diumpankan linear tanpa sambungan (linkless linear feed) yang bisa dipasang internal tepat di belakang kokpit. Sebuah rudal udara keudara pencari panas AIM-9 Sidewinder bisa dipasangkan pada setiap rel di ujung sayap, dan rudal-rudal yang lain bisa dipasang di cantelan bawah sayap. Senjata udara ke darat yang kompatibel diantaranya adalah rudal AGM-65 Maverick, peluncur roket LAU-3 dan LAU-68 , bom kluster CBU-58 and Mk-20, dan bom multiguna Mk-82, Mk-83, dan Mk-84 . Tiga tangki bahan bakar minyak eksternal bisa juga dipasang dipesawat ini.  

AIM-9 Sidewinder adalah sebuah rudal udara ke udara anti pesawat jarak pendek berpandu infra merah buatan Amerika Serikat.Rudal ini merupakan rudal udara ke udara paling populer di dunia, dan menjadi senjata standar bagi pesawat tempur buatan negara-negara NATO atau negara sahabat USA.Versi terbaru dari rudal ini adalah AIM-9X yang mempersenjatai pesawat tempur generasi terbaru.
Panjang: 2.85 m (9 ft 4 in)
Bentangan sayap: 630 mm (24¾ in)
Diameter: 127 mm (5 in)
Bobot luncur: 91 kg (190 lb)
Kecepatan: Mach 2.5
Jarak tempuh: 1–18 km (0.6–11.3 mi)
Kendali: kendali infra merah
Hulu ledak: 9.4 kg (20.8 lb) annular blast-fragmentation
Kontraktor: Raytheon Corporation; Ford Aerospace; Loral Corp.
Harga per unit: US$84,000
 

Vulcan M61 adalah, hidrolik atau pneumatik didorong enam laras, berpendingin udara, elektrik menembakkan meriam Gatling gaya putar yang kebakaran 20 putaran mm pada tingkat yang sangat tinggi. Para M61 dan turunannya telah persenjataan meriam utama Amerika Serikat tetap pesawat militer sayap selama lima puluh tahun. M61 ini awalnya diproduksi oleh General Electric, dan setelah beberapa merger dan akuisisi saat ini diproduksi oleh General Dynamics
 

AGM-65 Maverick adalah sebuah peluru kendali udara ke darat yang dirancang untuk keperluan dukungan udara. Rudal ini efektif dipakai untuk banyak target seperti kendaraan lapis baja, pertahanan udara, kapal dan fasilitas darat lain. Maverick memiliki bentuk silindris dan memiliki ujung yang terbuat dari gelas untuk pemandu elektro-optik atau seng sulfida untuk pemandu inframerah, sayap berbentuk delta serta hulu ledak yang terletak di bagian tengah. Pada A-10 Thunderbolt, F-15E dan F-16, sejumlah 6 Maverick dapat dibawa yang diletakkan di bawah sayap. Maverick bersifat tembak dan lupakan, sehingga pilot dapat segera melakukan gerakan manuver atau menyerang target lain karena rudal akan mencari targetnya sendiri secara otomatis.
Model AGM-65F yang digunakan oleh AL-AS memiliki pemandu inframerah. (136 kg). AGM-65 memiliki dua macam hulu ledak yaitu yang memiliki pemicu kontak di ujung dan yang memiliki pemicu dengan interval yang menembus target dengan energi kinetik sebelum meledak. Model terakhir lebih efektif untuk target yang keras dan besar. Sistem mesin untuk kedua model memakai motor roket berbahan bakar padat.
 

Type Low-drag general purpose bomb
Place of origin : United States
Unit cost : $268.50 (in 2000)[1]
Weight : 500 pounds (227 kg)
Length : 87.4 inches (2,220 mm)
Diameter : 10.75 inches (273 mm)
Filling : Tritonal, Minol or H6
Filling weight : 192 pounds (87 kg)
 
 
Peluncur menyampaikan dan menyediakan platform yang cocok dari mana roket dilakukan dan diluncurkan. Angkatan Laut Sistem Rocket 2,75 Inch menggunakan putaran 19 LAU-61C / A dan LAU-69 seri, dan tujuh putaran LAU-32 seri dan LAU-68 D / A peluncur roket. Ini peluncur dapat digunakan kembali memiliki lapisan termal eksternal yang sangat masak-off memperpanjang waktu perlindungan. Produksi penuh dari peluncur dimulai pada bulan Juni 1985. Di US Army, 70 roket Hydra ini dipecat dari OH-58D Kiowa Warrior dan AH-1F "modern" Cobra menggunakan peluncur M260 tujuh tabung roket, sementara Angkatan Udara menggunakan LAU-131 / A Rocket Launcher dan AV-8B Harrier II membawa pod roket LAU-19.

Para LAU-68D / A peluncur roket bisa dipecat dalam modus tunggal (satu per satu) atau riak (satu setelah yang lainnya di beberapa gambar). The Rocket peluncur 2,75 Inch konstruksi silinder tujuh tabung aluminium peluncuran. Tabung-tabung peluncuran diselenggarakan bersama-sama dengan rusuk logam dan ditutupi oleh kulit aluminium. Peluncur dapat dilengkapi dengan fairing depan dan belakang rapuh tergantung pada panjang roket secara keseluruhan dan fuzing untuk konfigurasi udara. Tidak ada persyaratan kehidupan pelayanan pada peluncur.

0 komentar:

Posting Komentar