Manajeman Strategi-strategi dalam tindakan

Tujuan Jangka Panjang
       Tujuan-tujuan jangka panjang ( long-term objektif ) merepresentasikan hasil-hasil yang diharapkan dari pelaksanaan strategi tertentu.strategi merepresentasikan berbagai tindakan yang perlu diambil untuk mencapai tujuan jangka panjang. Kerangka waktu bagi tujuan dan strategi harus konsisten, biasanya berkisar antara dua sampai lima tahun. 

Hakikat Tujuan Jangka Panjang
         Tujuan harus Kuantitatif, dapat diukur, realistis, dapat dimengerti, menantang, hierarkis, mungkin untuk di capai, dan kongruen antar unit organisasional. Tujuan yang di nyatakan secara jelas dan dikomunikasikan dengan baik sangat penting bagi keberhasilan karena bayak alas an. Antara lain
  • Tujuan membantu para pemangku kepentingan (stakeholder) memahami peran mereka dalam masa depan organisasi.
  •  Menyediakan landasan bagi pengambil keputusan yang konsisten oleh para manajer yang memiliki nilai dan sikap berbeda-beda.
  • Dengan mencapai consensus tentang tujuan selam aktifitas perumusan strategi, sbuah organisasi dapat meminimalkan potensi konflik pada saat menerapkannya kemudian.
  • Tujuan menetapkan prioritas organisasi dan merangsang kerja serta pencapaian.
  •  Tujuan berperan sebagai standar yang dengannya individu, kelompok, departemen,devisi dan seluruh organisasi dievaluasi.
  •  Menyediakan landasan untuk merancang pekerjaan dan mengatur berbgai aktivitas yang akan dijalankan disuatu organisasi.
  •  Mengarahkan serta memungkinkan sinergi organisasional.
Tujuan Keuangan dan Yujuan Strategis
                Ada dua jenis tujuan yang lazim dijumpai diorganisasi adalah tujuan keuangan dan tujuan stategis. Tujuan keuangan adalah tujuan yang mencakup hal-hal yang berkaitan dengan pertumbuhan pendapatan, pertumbuhan laba, deviden yang lebih tinggi, margin laba yang lebih besar, pengembalian atas investasi ( ROI ) yang lebih besar, laba persaham yang lebih tinggi,harga saham yang meningkat, arus kas yang membaik, dan seterusnya; sementara tujuan strategis mencakup hal-hal seperti mangsa pasar yang lebih besar,waktu pengiriman yang lebih cepat dari pada pesaing, waktu rancangan kepasar yang lebih singkat di bandingkan pesaing, biaya yang lebih rendah di bandingkan pesaing,kualitas produk yang lebih tinggi disbanding pesaing, cakupan geografis yang lebih luas di bandingkan pesaing, memperolah setifikat ISO 14001, menjadi pemimpin teknologi, secara konsisten menghasilkan produk yang baruatau lebih baik mendahului pesaing.

Memimpin Tanpa Tujuan
a.       Memimpin berdasarkan Ekstrapolasi : berpegang teguh pada prinsip ‘’jika tidak rusak tidak perlu diperbaiki’’. Gagasannya adalah terus melakukan berbagai hal yang sama sebab semua berjalan baik.
b.      Memimpin berdasarkan Krisis : didasarkan pada keyakinan bahwa ukuran sebenarnya seorang penyusun strategi  yang baik adalah kemampuannya dalam meyelesaikan persolan.
c.       Memimpin berdasarkan subjektivitas : dibangun di atas gagasan bahwa tidak ada rencan umum mengenai arah mana yang harus di tuju dan apa yang harus dilakukan;lakukan saja yang terbaik yang dapat anda lakukan.
d.      Memimpin berdasarkan harapan : didasarkan pada fakta bahwa masa depan di penuhi oleh ketidak pastian kemudian jika kita mencoba dan tidak berhasil, kita masih bisa berharap bahwa usaha kedua (atau ketiga) akan berhasil.
Balanced Scorecard
                Balanced scorecard adalah sebuah teknik evaluasi dan pengendalian strategi. Dinamakan balanced scorecard karena keyakinan mengenai kebutuhan peruhaan untuk menyeimbangkan ukuran-ukuran financial yang sering kali secara ekslusifdigunakan dalam evaluasi dan pengendalian strategi dengan berbagai ukuran  non financial seperti kualitas produk dan layanan konsumen.
Jenis-jenis Strategi
                Strategi yang dapat di jalankan oleh suatu perusahan terbagi menjadi 11 bagian diantarnya adalah :
Strategi
Definisi
Contoh di tahun 2007
Integrasi ke depan
Memperoleh kepemilikan atau kendali lebih besar atas distributor atau peritel
Southwest airlines mulai menjual tiket melalui Galileo
Integragsi ke belakang
Mengupayakan kepemilkikan atau kendali yang lebih besar atas pemasok peruhaan
Hilton hotel membeli sebuah perusahaan manufaktur furniture yang besar
Integrasi horizontal
Mengupayakan kepemilikan dan kendali yang lebih besar atas pesaing
Huntington Bancshares dan sky financial group di ohio merger
Penetrasi pasr
Mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk dan jasa saat ini di pasar yang ada sekarang melalui upaya-upaya pemasaran yang lebih baik.
Mc donald’s menhabiskan jutaan dolar untuk promosi, yang bertujuan untuk menyakinkan konsumen Mc donald’s menawakan produk-produk yang sehat
Pengembangan pasar
Memperkenalkan produk atau jasa saat ini ke wilayah geografis baru
Burger king membuka restoran pertamnya di jepang

Pengembangan produk
Mengupayakan peningkatan penjualan melalui perbaikan produk
Google memperkenalkan google present
Diversifikasi terkait
menambah produk dan jasa yang baru namun masih berkaitan
MGM mirage membuka hotel mewah non kasino pertamanya
Diversifikasi tak terkait
Menambah produk atau jasa yang baru namun tidak berkaitan
Ford motor company masuk ke bisnis bank industry
penciutan
Pengelompokan ulang melalui pengurangan biaya dan asset untuk membalik penjualan dan laba yang menurun
Discovery channel menutup 103 toknya untuk berfokus pada internet dan merumahkan 25% angkatan kerjanya
Divestasi
Penjualan suatu devisi atau bagian dari suatu organisasi
Whirlpool menjual bisnis pemeliharan lantai hoover yang bermasalah ke Techtronic industry
likuidasi
Penjualan seluruh asset perusahaan secara terpisah-pisah untuk kekayaan asset berwujudnya
Follow me charters menjual seluruh asset dan berhenti berbisnis

 Tingkatan-Tingkatan Strategi
Dalam perusahaan besar ada empat tingkatan trategi yaitu : perusahaan, devisional, fungsional, dan operasional. Di perusahaan kecil biasanya hanya terdapat tiga tingkatan strategi yaitu : perusahaan , fungsional, dan operasional.
Di dalam perusahaan besar orang yang paling bertanggung jawab agar memiliki stratefi-strategi efektif di berbagai tngakat mencakup direktur eksekutif. Ditingkat perusahaan ; presiden atau wakil presiden eksekutif di tingkat divisional; direktur keuangan,direktur informasi,[manajer sumber daya manusia, direktur pemasaran, dan seterusnya di tingkat fungsional dan seterusnya di tingakat operasional.diperusahaan kecil orang-orang yang bertanggung jawab agar memiliki strategi-strategi efektif di berbagai tingkatan mencakup pemilik bisnis atau direktur utama di tingkat perusahaan dan kemudian orang2 yang sama di dua tingkat di bawahnya seperti yang ada di perusahaan besar.

Strategi-Strategi Integrasi
integrasi ke depan, integrasi ke belakang, dan integrasi horizontal secara kolektif kadang di sebut sebagai strategi-strategi integrasi vertikal ( vertical integration) strategi-strategi vertikal memungkinkan perusahaan memperoleh kendali atas distributor , pemasok, dan /atau pesaing.