Pengertian
Media Sosial, Peran serta Fungsinya
Media
sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung
interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang
mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet
yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page
pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan
Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast,
maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang
tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara
terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan
tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut
tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa
dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile
phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan
terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara
maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai
tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan
berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa
memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi,
radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak,
maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat
sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa
karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit,
menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai
model content lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri,
yaitu sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa
memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi,
radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak,
maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat
sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri. Pengguna
media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik
tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.media
sosial yang sekarang lagi berkembang ialah FB,Twitter, YM, wahtshap,phone
banking, internet banking dll.
Peran dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses
oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial
menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan
merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media
sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat
bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan
iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan
dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
- Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media
konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing
yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang
tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan
koneksi internet.
- Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan
tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun
hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan
mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang
tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan
komunikasi satu arah.
- Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau
secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu.
Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap,
terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk
menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan
bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
- Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah,
pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui
efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan
waktu yang lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita
harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
- Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan
perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar
anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan
untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog
organisasi dan integrasi konten dalam masyarakat yang relevan. Riset
pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
- Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk
mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
- Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2,
bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke
pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan
pasar.
- Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif
sangat penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat
dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar
anda.
Cara
Penggunaan Media Sosial
a.
Facebook
Facebook adalah sebuah
layanan jejaring sosial yang berguna sebagai alat komunikasi dan sharing antar
penggunanya.adapun tatacara penggunaan facebook yang baik adalah:
1.
Bersifat sopan dan tidak menyinggung perasaan
orang lain.
2.
Hindari memposting segala hal dalam hidup kamu.
3.
Kenali dengan baik siapa yang akan menjadi teman
anda
4.
Tidak memposting hal-hal yang mengandung
unsur-unsur pornografi dan SARA.
5.
Jangan jadikan Facebook sebagai ajang cari
jodoh.
6.
Manfaatkan facebook sebagai ajang diskusi di
grup yang anda sukai.
7.
jalinlah hubungan baik dengan para pengguna
facebook lainnya dengan baik.
8.
Jangan menggunakan facebook secara berlebihan
sehingga anda tidak peduli dengan lingkungan anda.
b.
YM (yahoo messenger)
Berikut ini akan di jelaskan
langkah-langkah menjalan aplikasi yahoo messenger bagi pemula:
1.
Mempunyai id yahoo messenger, ini bisa kamu
dapatkan dengan cara mendaftar email di mail.yahoo.com, atau bagi kamu yang
sudah memiliki email yahoo, kamu bisa gunakan email yahoo kamu sebagai Id yahoo
messenger kamu. Namun jika belum mempunyai email yahoo kamu bisa membuatnya
terlebih dahulu.
2.
Jika sudah mempunyai Id yahoo messenger kamu
harus memiliki Aplikasi atau software yahoo messenger, jika belum punya
aplikasi yahoo messenger silahkan download,
jika sudah kamu download silahkan instal aplikasi yahoo messenger pada laptop
maupun smartphone anda.
3.
Jika sudah di instal Buka aplikasi yahoo
messsenger yang sudah terinstal pada komputer atau PC kamu,
4.
Masukkan ID yahoo messenger dan pasword kamu
pada kolom yang telah disediakan
5.
setelah itu tekan Sign in
6.
Karena ID
kamu masih baru tentunya kamu harus tahu caranya menambahkan ID yahoo teman
kamu, untuk menambahkan ID yahoo messenger teman kamu adalah dengan cara klik menu contact kemudian klik add
contact, setelah id yahoo teman kamu ditambahkan, kamu tinggal menunggu
konfirmasi dari teman kamu, apakah permintaan penambahan ID YM kamu disetujui
atau tidak
7.
Cara menambahkan teman sudah, sekarang saatnya
melakukan chatting dengan teman atau kenalan kita.
8.
jika telah selesai chatting lakukan sign out
untuk keluar dari chatting yahoo messenger.
c.
Line
Line adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim
pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan
lain-lain jika kita terhubung di Internet. Aplikasi Line dibuat dan
dikembangkan oleh salah satu perusahaan dari Jepang "NHL
Corporation". Aplikasi ini pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2011
dan waktu itu terbatas hanya untuk sistem iOS dan Android, dan beberapa waktu
kemudian Line masuk pada perangkat Blackberry. Pada tahun 2012 Line telah resmi
meluncurkan aplikasi untuk bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac. Cara
menggunakan aplikasi line adalah sebagai berikut :
1.
Silahkan download dulu aplikasi Line pada Google Play
2.
Setelah terinstall di Android, silahkan buka
Aplikasi Linenya
3.
Pilih NEW USER
4.
Kemudian
masukkan nomor ponsel sebagai ID Anda, biasanya ini akan terdeteksi secara
otomatis.
5.
Lalu klik
NEXT
6.
Kemudian
akan muncul form Term of Service dari pihak Line, klik I Agree With Terms And
Verify
7.
Lalu Anda akan diminta memasukkan nomor yang
akan dikirimi KODE VERIFIKASI dari Line, klik OK
8.
Tak lama kemudian Anda akan menerima SMS dari
Naverline yang isinya adalah kode verifikasi. Masukkan kode tersebut kedalam
form yang telah disediakan pada aplikasi Line. Kode tersebut akan terdeteksi
secara otomatis.
9.
Dan LINE siap untuk digunakan.
d.
Whatshap
WhatsApp adalah layanan pesan
multiplatform yang menggunakan sambungan internet ponsel Anda untuk chatting
dengan pengguna WhatsApp lainnya. Sebelum menggunakan WhatsApp anda harus
menginstall WhatsApp dengan cara sebagai berikut:
1.
Download aplikasi tersebut dari websitenya
2.
Install aplikasi tersebut ke smartphone
3.
Daftarkan nomer telepon anda tanpa menggunakan 0
atau format internasional karena WhatsApp menggunakan nomor telepon anda untuk
mendaftar anda dalam databasenya.
4.
Aplikasi kemudian akan mengirimkan kode
konfirmasi via SMS yang mengharuskan anda untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut
ke langkah selanjutnya. Setelah anda mengkonfirmasikan nomor telepon anda, anda
siap untuk menggunakannnya
5.
Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mendata
phonebook untuk menunjukan siapa-siapa saja yang sudah menggunakan WhatsApp.
Untuk mengetahui siapa saja yang sudah masuk ke daftar, tekan pada tab contact.
Mereka yg menggunakan WhatsApp akan memiliki status disamping nama mereka.
6.
Mulailah perbincangan dengan temana-teman anda
yang menggunakan WhatsApp dengan mengklik nama tersebut
7.
Anda dapat juga mengundang teman anda untuk
menggunakan WhatsApp aplikasi dengan menggunakana “Invite Friends”
e.
Offline payment
Offline payment adalah
pembayaran yang di lakukan secara langsung ( bertatap muka) antara pembayar
ataupun yang menerima pembayaran, kalau di bank offline payment di lakukan
dengan cara sebagai berikut :
1.
Nasabah mengisi fomulir untuk menabung atau
menarik uang
2.
Mengambil no antrian
3.
Menunggu di panggail sesuai dengan no antrian
4.
Menyerahkan formulir kepada kasir,
5.
Menunggu formulir d proses
6.
Menerima uang bagi yang mengambil uang dan
menerima buku tabungan bagi yang menabung.
7.
Selesai
f.
Phone banking
Phone banking adalah salah
satu fitur yang di sediakan oleh bank agar nasabah dapat bertransaksi dengan
mudah dimana saja tanpa harus datang ke bank, berikut tata cara memperolah dan
mengoperasikan fitur phone banking:
1.
Nasabah
bank mandiri dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan bank mandiri
mobile dengan cara, SMS ke nomor 3355 dengan perintah ketik Reg
Mobile, Situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id. Layanan unduh
aplikasi resmi mitra Bank Mandiri, seperti Blackberry App World, App Store,
Android Market
2.
Selanjutnya
apabila aplikasi bank mandiri mobile sudah selesai diunduh, maka nasabah bank
mandiri wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan
setiap kali login ke dalam aplikasi.
3.
Untuk
dapat melakukan transaksi keuangan dengan fitur bank mandiri mobile, maka
nasabah bank mandiri tersebut wajib terdaftar sebagai user aktif bank mandiri
sms karena otorisasi transaksi via bank mandiri mobile menggunakan PIN bank
mandiri sms.
4.
Untuk
pengguna iPhone, disamping menggunakan PIN bank mandiri sms juga ditambahkan
dengan SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang
berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi. OTP akan dikirim ke inbox, untuk
memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bank mandiri bisa masuk ke menu
setting notification pada iPhone.
g.
Internet banking :
BRI Internet Banking adalah
suatu cara baru untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan
internet yang memudahkan Anda untuk selalu dapat berinteraksi dengan Bank
dimana pun Anda berada dengan cepat, aman dan mudah.
Cara memperoleh layanan internet banking dari bank sebagai berikut :
1.
Anda harus memiliki rekening tabungan terlebih
dahulu
2.
Anda harus mengaktifkan internet banking serta
registrasi Mtoken melalui atm atau
datang ke costumer servis di bank
3.
Anda akan diminta membuat USER ID dan password
Internet Banking oleh Customer Service dan untuk pendaftaran dari ATM, hanya
password yang diminta.
4.
Anda akan diberikan struk berisi User ID yang
digunakan untuk login (daftar melalui ATM)
Cara login ke internet banking
adalah sebagai berikut :
1.
Masuk ke dalam web resmi bank anda dan cari menu
internet banking
2.
Masukkan [USER ID] dan [PASSWORD].
3.
Masukkan [VALIDASI] yaitu 4 digit angka yang ada
di layar
4.
Pilih bahasa yang akan digunakan pada pilihan
[BAHASA].
5.
Klik [LOGIN] untuk mengakses menu/fasilitas yang
tersedia di Internet Banking.
6.
Jika ini merupakan login pertama Anda, Anda
diminta membaca Syarat & Ketentuan penggunaan terlebih dahulu. Klik
[SETUJU] bila Anda setuju untuk tunduk ke Syarat & Ketentuan tersebut.
7.
Jika Anda mendaftar melalui ATM, layar
berikutnya adalah Layar Aktivasi dimana Anda diharuskan mengganti password dan
memasukkan alamat email Anda.
8.
Ketik password lama ke dalam kotak [MASUKKAN
PASSWORD LAMA]
9.
Ketik password baru ke dalam kotak [MASUKKAN
PASSWORD BARU]
10.
Setelah selesai logout dulu baru login denga
paswor baru kemudian anda sudah bisa memulai transaksi menggunkan internet
banking anda.