1. 1.
Bagaimana anda akan mengevaluasi
kompensasi Nordstrom dan Sistem yang lain yang mendukung strateginya?
Jawaban :
Menurut kelompok kami, Komisi adalah salah satu cara paling
efektif untuk memotifasi orang. Setelah kami membaca kami dapat mengevaluasi
dari kompensasi Nordstrom bahwa Nordstrom sudah cukup baik dlam bidang komisi
yang saat itu Tarif komisi standar pada tahun 1995 berkisar antara 6,75% untuk
pakaian sampai 13% untuk sepatu anak anak. Nordstom menggunakan 10% komisi
untuk karyawannya., Nordstrom juga
memberikan hadiah kepada karyawan yang terbaik teramah dan
tercepat. Nordstrom telah membuat komisi menjadi suatu ajang untuk berkompetisi
jadi para karyawannya menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Kemudian
dilihat dari sistem yang lain yang mendukung :
Ø Manajemen piramida terbalik, membuat para manajer untuk memotivasi
dan memberikan saran kepada para bawahan nya yang mengalami kesulitan
Ø Komisi, membuat para karyawan termotivasi dan yang akhirnya
akan meningkatkan penjualan dan sebaiknya pemberian komisi dipantau perhari
Ø Retur tanpa syarat, membuat para konsumen yang merasakan masalah
pada barang yang dibeli dapat mengembalikan nya dengan cepat, walaupun dengan
retur tanpa syarat ini Nordstrom menjadi melegenda di returnya, tapi menurut
kami retur tanpa syarat ini mempunyai dampak risiko yang cukup besar bila ada
yang menggunakannya dgn salah.
Ø Penghargaan, sama seperti komisi penghargaan akan membuat
para karyawan termotivasi
Ø Pengakuan, karyawan akan termotivasi ketika dia mendapat
umpat balik dari apa yang dia lakukan. Apa lagi umpat baliknya karyawan
tersebut mendapat hadiah.
Ø Heroik, sikap budi luhur yang dimiliki karyawan sbg salah
satu cara untuk mendekatkan karyawan kepada konsumennya, yang pada akhirnya
konsumen selalu mengingat karyawan tersebut dan membuatnya kembali ke
perusahaan untuk berbelanja.