Kasus 12-4 Anita’s Apparel



1.  1.  Bagaimana anda akan mengevaluasi kompensasi Nordstrom dan Sistem yang lain yang mendukung strateginya?


Jawaban :

Menurut kelompok kami, Komisi adalah salah satu cara paling efektif untuk memotifasi orang. Setelah kami membaca kami dapat mengevaluasi dari kompensasi Nordstrom bahwa Nordstrom sudah cukup baik dlam bidang komisi yang saat itu Tarif komisi standar pada tahun 1995 berkisar antara 6,75% untuk pakaian sampai 13% untuk sepatu anak anak. Nordstom menggunakan 10% komisi untuk karyawannya., Nordstrom juga
memberikan hadiah kepada karyawan yang terbaik teramah dan tercepat. Nordstrom telah membuat komisi menjadi suatu ajang untuk berkompetisi jadi para karyawannya menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Kemudian dilihat dari sistem yang lain yang mendukung :
Ø  Manajemen piramida terbalik, membuat para manajer untuk memotivasi dan memberikan saran kepada para bawahan nya yang mengalami kesulitan
Ø  Komisi, membuat para karyawan termotivasi dan yang akhirnya akan meningkatkan penjualan dan sebaiknya pemberian komisi dipantau perhari
Ø  Retur tanpa syarat, membuat para konsumen yang merasakan masalah pada barang yang dibeli dapat mengembalikan nya dengan cepat, walaupun dengan retur tanpa syarat ini Nordstrom menjadi melegenda di returnya, tapi menurut kami retur tanpa syarat ini mempunyai dampak risiko yang cukup besar bila ada yang menggunakannya dgn salah.
Ø  Penghargaan, sama seperti komisi penghargaan akan membuat para karyawan termotivasi
Ø  Pengakuan, karyawan akan termotivasi ketika dia mendapat umpat balik dari apa yang dia lakukan. Apa lagi umpat baliknya karyawan tersebut mendapat hadiah.
Ø  Heroik, sikap budi luhur yang dimiliki karyawan sbg salah satu cara untuk mendekatkan karyawan kepada konsumennya, yang pada akhirnya konsumen selalu mengingat karyawan tersebut dan membuatnya kembali ke perusahaan untuk berbelanja.