Cara Sederhana Dan Mudah Membuat Jurnal Revaluasi Aset

Karakteristik aktiva tetap adalah nilainya akan turun seiring berjalannya waktu.
Contoh, kendaraan yang anda miliki, saat beli misal nilanya Rp 250 juta, tapi setelah setahun nilainya akan turun dibawah Rp 250 juta.
Iya kan?
Maka perusahaan perlu melakukan revaluasi aset tetap untuk tujuan perpajakan dan akurasi laporan keuangan.
Apa pengertian aktiva tetap?
Bagaimana penggolongan, cara menghitung biaya perolehan, dan cara mencatat jurnal umum revaluasi aktiva tetap?
Mari langsung saja kita bahas berikut ini…

01. Pengertian Aktiva Tetap

aktiva tetap adalah
Apa pengertian Aktiva Tetap?
Bagaimana pendapat para ahli tentang aktiva tetap?
Aktiva tetap (fixed asset) menurut para ahli adalah aktiva yang bersifat jangka panjang atau secara relatif memiliki sifat permanen serta dapat digunakan dalam jangka panjang.
Aktiva ini adalah aktiva berwujud yang memiliki bentuk fisik.
Aktiva ini dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dan tidak dijual sebagai bagian dari kegiatan operasi normalnya.
Nama lain yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris untuk aktiva tetap adalah plant asset, property, plant, and equipment.
Perusahaan membeli dan menggunakan berbagai aktiva tetap, seperti peralatan, perabotan, alat-alat, mesin, gedung dan tanah.
Aktiva tetap suatu perusahaan dapat menjadi bagian signifikan dari jumlah total asetnya.
Aktiva tetap di kebanyakan perusahaan dagang, jasa dan manufaktur memiliki proporsi yang signifikan terhadap jumlah aset.
Tapi ada juga perusahaan yang tidak tergantung pada aktiva tetapnya dalam menyediakan jasa untuk customer-nya. contohnya, perusahaan asuransi PT Asuransi Bintang Tbk
Berikut saya sajikan data riil nilai aset tetap dari beberapa perusahaan di Indonesia.

A. Perusahaan Jasa:

Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Taman Rekreasi) = 35,74%
Bayu Buana, Tbk (Travel Agent) = 8,65%
Bank Rakyat Indonesia (BRI) = 1,18%

B. Perusahaan Manufaktur:

Kimia Farma Tbk (Farmasi) = 78,67%
Sepatu Bata Tbk (Pabrik sepatu) = 25,13%
Indofood Sukses Makmur Tbk (Makanan dan Minuman) = 39,97

C. Perusahaan Dagang:

Alfa Retailindo Tbk = 44,07%
Hero Supermarket Tbk = 34,25%
Metro Supermarket Tbk = 22,72%

02. Penggolongan Biaya Aktiva Tetap

aktiva tetap (fixed asset) adalah
Pertanyaan-pertanyaan di atas digunakan untuk membantu dalam penggolongan biaya.
Jika barang yang dibeli bersifat jangka panjang, maka barang tersebut harus dikapitalisasi.
Artinya, harus disajikan di laporan keuangan neraca sebagai aset.
Jika besifat jangka pendek, maka biaya harus dilaporkan sebagai beban di laporan laba rugi.
Biaya yang dikapitalisasi biasanya diharapkan akan habis lebih dari satu tahun.
Jika aktiva juga digunakan untuk tujuan produktif, yang melibatkan manfaat yang berulang, maka aktiva tersebut harus digolongkan sebagai aset tetap.
Contohnya: gedung, tanah dan peralatan.
Sebuah aktiva tidak harus digunakan secara teratur untuk menjadi aktiva tetap.
Contoh, peralatan yang siap digunakan pada saat terjadi kerusakan pada peralatan yang biasa dipakai atau pada saat periode penuh termasuk dalam aktiva tetap.
Aktiva tetap yang telah ditinggalkan atau tidak digunakan lagi tidak dimasukkan sebagai aktiva tetap.
Aktiva tetap dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dan tidak ditawarkan untuk dijual kembali.
Aktiva yang bersifat jangka panjang dan disimpan untuk dijual kembali tidak digolongkan sebagai aktiva tetap, tapi harus disajikan di laporan keuangan neraca dalam bagian INVESTASI.
Contoh tanah yang belum dikembangkandan diperoleh sebagai investasi untuk disewakan dan dijual kembali akan digolongkan sebagai investasi bukan aktiva tetap.

03. Biaya Perolehan Aktiva Tetap

revaluasi aktiva tetap untuk tujuan perpajakan
Biaya perolehan aktiva tetap mencakup seluruh jumlah yang dikeluarkan untuk mendapatkan aktiva sampai siap digunakan.
Misalnya, biaya pengiriman dan biaya pemasangan peralatan pabrik, dimasukkan sebagai bagian dari jumlah biaya aktiva.
Biaya langsung yang berhubungan dengan pemasangan peralatan pabrik, seperti tanaga kerja dan bahan baku, harus di-DEBIT ke akun aktiva Peralatan Pabrik dalam Proses.
Pada waktu proses pemasangan tersebut sudah selesai, biaya-biaya harus dipindahkan kembali dengan meng-KREDIT akun Peralatan Pabrik dalam Proses dan mendebit akun aktiva tetap yang sesuai.
Contoh biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh aktiva tetap berikut:

1. Gedung

  • Honor arsitek dan insinyur sipil
  • Biaya asuransi yang timbul selama pembangunan
  • Bunga pinjaman untuk mendanai pembangunan
  • Jalan ke dan sekeliling gedung
  • Pajak penjualan
  • Perbaikan dan modifikasi (untuk pembelian gedung)
  • Pengurusan izin dari badan pemerintah

2. Mesin dan Peralatan

  • Pajak penjualan
  • Ongkos kirim
  • Pemasangan
  • Perbaikan dan modifikasi (untuk pembelian mesin dan peralatan bekas)
  • Asuransi barang dalam perjalanan
  • Pengujian untuk penggunaan
  • Pengurusan izin dari badan pemerintah

3. Tanah

  • Harga pembelian
  • Pajak penjualan
  • Pengurusan izin dari badan pemerintah termasuk sertifikat
  • Fee
  • Biaya survey
  • Modifikasi, perbaikan kontur tanah, pembuatan pembatas

4. Pengembangan Tanah

  • Penanaman pohon dan semak
  • Pembuatan pagar keliling
  • Pemasrangan penerangan
  • Perbaikan dan pengerasan jalan sekitar.
Semua pengeluaran biaya tersebut harus dicatat dengan men-debit akun aktiva tersebut, seperti gedung, mesin & peralatan, tanah.
Hanya biaya yang diperlukan untuk menyiapkan aktiva jangka panjang sampai dapat digunakan yang perlu dimasukkan sebagai aktiva.
Biaya-biaya yang tidak perlu dan tidak meningkatkan manfaat aktiva dicatat sebagai beban.
Misalnya, biaya-biaya berikut ini:
  • Kejahatan pengrusakan properti oleh oknum yang tidak bertanggungjawab
  • Kesalahan pemasangan peralatan pabrik
  • Pencurian yang tidak diasuransikan
  • Kerusakan selama membuka kemasan mesin dan pemasangannya
  • Denda karena tidak memperoleh izin yang lengkap dari instansi pemerintah.
Sampai sini cukup jelas ya?
Okay, kita lanjutkan ceritanya…

04. Cara Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Setelah Revaluasi

Revaluasi Aset
To the point saja, saya sajikan contoh menghitung penyusutan untuk aktiva tetap yang telah dinilai kembali dengan pencatatan jurnal umumnya sebagai berikut:
Mesin produksi yang dibeli tanggal 01 Januari 2015 dengan harga perolehan Rp. 100.000.000  ditaksir umur pemakaian 8 tahun.
Akumulasi penyusutan pada tanggal 31 Desember 2018 sebesar Rp 50.000.000.
Pada tanggal 01 Januari 2019 mesin tersebut dinilai kembali menjadi Rp 150.000.000 dengan persentase keadaan 60%.
Jurnal umum yang digunakan untuk mencatat penilaian kembali dan penyusutan setelah adanya revaluasi aset adalah sebagai berikut:

A. Menggunakan jumlah harga perolehan:

Selasa, 01 Januari 2019:

metode penyusutan aktiva tetap dan contohnya

Selasa, 31 Desember 2019:

contoh metode penyusutan aktiva tetap

B. Menggunakan nilai setelah revaluasi aset:

Selasa, 31 Desember 2019:

aplikasi penyusutan aktiva tetap excel
Bila aktiva tetap sudah mengalami revaluasi, maka ada dua harga yaitu:
  • harga perolehan dan
  • harga setelah revaluasi.
Perhitungan dan pencatatan jurnalnya bisa menggunakan salah satu dari harga tersebut.
Pada contoh di atas, saya menggunaka keduanya.
Sehingga Anda bisa membandingkan mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda atau perusahaan tempat Anda berkarya.

05. Kesimpulan

Keberadaan aktiva tetap adalah sangat penting untuk mendukung operasi bisnis. Oleh karena itu parlu di data dan dicatat secara akurat sehingga masa manfaat aktiva tetap bisa benar-benar memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.
Data-data lengkap suatu aktiva tetap harus terus dipantau dan diperbaharuhi dari waktu ke waktu, sejak dari perolehan hingga habis masa manfaatnya.
Bahkan jika terjadi revaluasi aset tetap pun perlu dilakukan.
Demikian yang bisa saya sampaikan tentang aset tetap.
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Nama saya Ny. Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa saat, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet begitu buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh '' Dian Pelangi "perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja.

Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta dari pemberi pinjaman buruk padanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia mengatakan kepada saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya memanggilnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba membagikan kabar baik saya agar orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

Jadi saya menghubungi Ny. Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
Ini adalah email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap untuk membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

Nama: Yanti Ari
Nomor telepon saya: +62 821-1644-0184
Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
Kota: Medan
Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

Saya berdoa semoga Allah memberi orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan saat saya diselamatkan. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang lain jatuh ke tangan pencuri !!!

Posting Komentar