KATA PENGANTAR
Puji syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas
segala rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis
dapat menyelasaikan penulisan riset ini secara tuntas, walaupun masih banyak
terdapat kekurangan.
Selama proses penulisan riset ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu dari hati yang paling dalam penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan riset ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisan riset ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan, baik dari segi isi maupun dari segi penulisanya. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi kesempurnaan riset ini
Selama proses penulisan riset ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu dari hati yang paling dalam penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan riset ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisan riset ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan, baik dari segi isi maupun dari segi penulisanya. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi kesempurnaan riset ini
BAB 1
PENDAHULUAN
Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu
sangat pesat,namun tidak seiring informasi yang menunjang,sangat sulit mencari
informasi perkembangan bisnis di dunia internet.banyak di dunia bisnis
yang infonya dapat disearching google kebanyakan dalam internet
ikalan yang tidak ada hubungan dengan informasi yang kita cari bisnis
menengah secara umum adalah kegiatan usaha
menjual aneka barang atau jasa dan bersentuhan langsung pada kosumen
atau customer secara umum usaha tidak membuat barang dan tidak
menjual ke pengecer lain akan tetapi dalam
praktik usaha bisnis modern saat ini tidak tertutup kemungkinan banyak pengecer
kecil membeli di gerai agen-agen,mengingat perbedaan harga yang muncul
pada waktu-waktu promosi tertentu yang dilakukkan oleh usaha besar.bisnis usaha
di Indonesia secara umum dapat diklasifikasi menjadi dua modern dan tradisional
.usaha modern sebenarnya merupakan pengembangan dari usaha kecil
tradisional,yang para praktiknya mengaplikasikan kosep yang modern,pemanfaatan
tehnologi dan akomodasi perkembangan gaya hidup dimasyarakat(konsumen)
sehari-hari.
Semakin banyak perusahaan menawarkan produk
barang dan jasa maka konsumen memiliki pilihan yang banyak,dengan
demikian kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar oleh karena itu,
perusahaan harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen,kemudian
berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut hasil pemasaran suatu
perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk maju dan mundurnya perusahaan.harapanya
pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar menentukan kualitas produk dan
kepuasaan pellanggan,penelitian ini memilih alfamart sebagai obyek penelitian
karena konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh alfamart yang dirancang
untuk memuaskan para konsumen ditambah dengan fasilitas-fasilitas pelengkap
seperti tenant,parker gratis bahkan adanya diskon berbelanja dengan menggunakan
kartu aku,maka alfamart benar-benar merupakan suatu alternative tempat
berbelanja keluarga,alfamart memulai sejarahnya berdiri sebagai perusahaan
dagang produk DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikan
dijual kepada PT.SAMPOERNA pada desember 1989. struktur kepemilikan
berubah menjadi 70%,PT SAMPOERNA tbk dan 30% PT.SIGMANTARA ALFINDO(keluarga
DJOKO SUSANTO) alfamart pertama mulai beroperasi di jl.beringin jaya
,karawaci,tangerang.banten,jumlah alfamart bertumbuh pesat hingga mei 2011,
jumlah gerai alfa sebanyak 4000unit gerai,jumlah gerai sebelumnya menargetkan
bias membuka 600gerai.hingga tahun lalu,jumlah gerai mereka sebanyak 3.373 alfa
akan mengembangkan pembukaan di beberapa wilayah Indonesia timur.
Menurut SURANTO dan ANAND MIFTACHUR RIZA(2005)
dalam konteks kepuasaan pellanggan tentang apa yang akan diterimanya.dengan
demikian harapan pellangan yang melatar belakangi mengapa dua organisasi bisnis
yang berbeda oleh pelanganya dirumuskan factor apa yang membedakan perilaku
dalam membeli.
Menurut suryamojo(2006) dalam keyataanya
koperasi pegawai yang belum mampu mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan
yang diharapkan,apalagi untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha yang
lain. Berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah dan berkembang koperasi
misalnya:kualitas keangotaan,peluang usaha serta memecahkan masalah yang muncul,sehingga
pengelolaan koperasi tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan para anggotanya
maupun kebutuhan sekitarnya.masih senatiasa berusaha meningkatkan
kualitas pelayanan kepada paraangotanya sebagai konsumen.dengan melakukkan
strategi pemasaran yang baik serta mempelajari beragam karakteristik perilaku
konsumen.
1.1 LATAR BELAKANG
Minimarket
alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak
melewati seperti kebutuhan primer ,sekunder selebihnya semacam supermarket dan
hypermart .tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat utuk itu kami
selaku kelompok ingin mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang
barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengat melakukan riset setidaknya
kelompok kami mengamati, melihat mempelajari ,memperhatikan walaupun
sekedarnya,dan memperaktekan system-system yang ada.
1.2 METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran
langsung kesuatu perusahan suatu cabang alfamart,metode pengumpulan makalah ini
dari websait alfamart,dan situs-situs di internet seperti google.com.menurut
kelompok kami dari ketiga itu sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan suatu
makalah.
1.3
Maksud dan tujuan
Maksud
dan tujuan penulis ini adalah agar bias bermanfaat bagi penulis dan pembaca
dengan adanya tugas riset ke instansi kepihak swasta diharapkan mahasiswa dapat
mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat selesai study nanti serta
dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang setidak nya untuk kami ataupun
rekan-rekan kami.ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan kesempatan untuk
melakukkan riset pembelajaran kami di perusahaan swasta.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Profil perusahaan
Data tentang perusahan adalah data yang didapat pada saat data tersebut
terdapat dari suatu perusahaan yang belum dikelola.
Data yang
dikelolah adalah data yang masuk kedalam subsistem dan sudah dikelolah
dengan mengunakan system database. Maka dapat mengelolah dan membangun dengan
suatu usaha menengah yang sedang kami proses dan membuat suatu cabang-cabang di
daerah lingkungan sekitar anda,dan perusahan kami mengunakan database basic
untuk mengetahui program harga yang diberikan kepada konsumen dan memberikan
pelayanan kebutuhan sehari –hari yang baik dalam menangani sebuah pelayanan
konsumen yang ada diusaha kami(alfamart) ini.
Manfaat bagi
konsumen:
Ø
Memberikan pelayanaan yang baik
Ø
Memberikan kebutuhan sehari hari dan memberikan
harga yang pas.
Ø
Memberikan harga puas dan paz.
Didalam system
informasi yang digunakan dalam hal system informasi keuangan dengan guna untuk
meyelengarakan dan mengelolah suatu keuangan dalam perusahaan.sedangkan dalam
pembelanjaan kasir perusahaan kami mengunakan pemograman database untuk
mengetahui kode dan harga yang perusahan kami jual.
Sejarah perusahaan
Alfamart adalah sebuah brand minimarket
peyediaan kebutuhan hidup sehari-hari oleh PT.sumber alfaria trijaya,tbk. Pada
tahun 1989 merupakan awal berdirinya alfamart,dengan mulainya usaha dagang
rokok dan barang –barang konsumsi oleh DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian
mayoritas kepemilikanya dijual kepada PT.HM Sampoerna pada tahun 1989.pada
tahun 1994 struktur kepemilikan berubah menjadi (70%) dimiliki oleh PT.HM
Sampoerna tbk dan (30%) dimiliki oleh PT.Sigmantara alfindo(keluarga djoko
susanto)
PT.Alfa
minimart utama(amu) didirikan pada tanggal 27 juli 1999,dengan pemegang saham
PT.Alfa retailindo,tbk sebesar (51%) dan PT.Lancar distrindo sebesar sebesar
(49%),PT.Alfa minimart utama(amu) ini kemudian membuka alfa minimart pada
tanggal 18 oktober 1999 berlokasi jalan beringin raya,karawaci.tangerang.
Pada tanggal 27
juli 2002,PT HM Sampoerna tbk secara resmi merestrukturisasi kepemilikanya
sahamnya diPT.Alfa retailindo yang semula (54,40%) dikurangi menjadi(23,4%)
disisi lain,perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai mengarap
serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui alfa.
Pada tanggal 1
agustus 2002,kepemilikan beralih ke PT. sumber Alfaria trijaya dengan pemegang
saham PT.HM Sampoerna ,tbk sebesar (70%) dan sigmantara alfindo sebesar (30%) kemudian
nama alfa minimart diganti menjadi alfamart pada 1 januari 2003.pada tahun 2005
jumlah gerai alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam 6 tahun
semua took berada dipulau jawa.
awal tahun 2006
PT.HM sampoerna,tbk menjual sahamnya,sehingga struktur kepemilikan menjadi PT.
Sigmantara alfindo(60%)dan PT.cakrawala mulia prima(40%) mendapat sertifikat
Iso9001:2000 untuk system manajemen mutu”
petengahan 2007
Alfamart,sebagai jarang minimarket pertama diindonesia yang memperoleh
sertifikat Iso 9001:2000 untuk system manajemen mutu.jumlah gerai mencapai 2000
toko dan telah memasuki pasar lampung.
Awal 2009 menjadi
perusahaan public tgl 15 januari 2009 dibursa efek Indonesia disertai dengan
penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki pasar bali
VISI, MISI DAN BUDAYA
Menjadi
jaringan distribusi retail terkemuka yang memiliki oleh masyarakat luas
berorientasi kepada pemberdayaan usaha kecil,memenuhi kebutuhan,harapan
konsumen,serta mampu bersaing global.
Misi
1. Memberikan kepuasan pada
pellanggan /konsumen dengan berfokus pada produk pelayanan yang
berkwalitas unggul.
2. Selalu menjadi
yang terbaik dalam segala hal yang dilakukkan dan selalu menegakkan
tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi.
3. Ikut berpartisipasi dalam
membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wisatawan dan kemitrausahan.
4. Membangun organisasi global yang
terpercaya,tersehat dan terus bertumbuhdanbermanfaatbagipelanggan,pemasok,karyawan,pemegang
saham dan masyarakat umum.
Budaya
1. Integritas
tinggi
2. Inovasi untuk
kemajuan lebih baik
3. Kualitas&produktivitas
yang lebih tinggi
4. Kerjasama time
5.
Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang
baik.
Motto “belanja
puas,harga pas”
Segmentasi dan target
Segmentasi
adalah cara membagi atau memilih suatu pasar yang ingin kita layani dengan
mempertimbangkan factor-faktor tertentu seperti geografi,demografi dan
psikografi
SEGMENTASI
Alfamart merupakan perusahaan
jasa distributor eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan
luas kurang dari 250 m².
Target adalah satu atau lebih segmen pasar yang akan menjadi
sasaran pasar(target market)
TARGET GEOGRAFIS (Di mana mereka berbelanja)
• Area perumahan
• Fasilitas publik
• Gedung perkantoran
TARGET GEOGRAFIS (Di mana mereka berbelanja)
• Area perumahan
• Fasilitas publik
• Gedung perkantoran
DEMOGRAFI (Siapa yang berbelanja)
• Ibu rumah tangga
• Anak-anak
• Kelas menengah (SES B & C)
• Ibu rumah tangga
• Anak-anak
• Kelas menengah (SES B & C)
PSIKOGRAFI (Mengapa mereka berbelanja)
• Kenyamanan
• Lingkungan yang ramah
• Memilih sendiri sebelum membeli
• Kenyamanan
• Lingkungan yang ramah
• Memilih sendiri sebelum membeli
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur
organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi.
Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan
bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut
diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga
menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan
penyampaian laporan.
Struktur organisasi terdiri dari :
A.
IT
B.
Operation
C.
Marketing
D.
Merchandise
E.
Property development
PRODUK DAN JASA
Produk
Eksentasi
perkembangan alfamart di dukung oleh merchandising dalam menangani pemilihan
,pengadaan dan pengembangan barang serta bekerja sama lebih dari 500 mitra
pemasok ,strategi penetapan harga yang tepat serta pengelolaan pemajang produk
dan alfamart mengelolah 3000 produk terdiri food ,non food.dan fresh food.
Jasa
System
tehnologi mutakir ,alfamart berupaya beragam produk dan jasa inovatif serta
perkembangan gaya hidup untuk memastikan
kemudahan,keyamanan,kepraktisan,konsumen dalam hemat bbm dalam
berbelanja.pengembangan lebih dari 100 produk label harga yang memberikan harga
ekonomis dengan adanya agenda berbelanja dalam satu minggu di alfa dan kualitas
prima memberikan nilai tambahan bagi konsumen alfamart.
Profile Kartu Aku
MEMBER
ALFAMART
Adalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart. Para member Alfamart
akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kejutan special dari Alfamart
seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku,serta program
ekslusif lainnya. Member Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan bergabung
dalam keanggotaan Kartu AKU, A Card Flazz atau Kartu AKU BNI.
> Kartu AKU
Adalah kartu member yang pertama kali diluncurkan
Alfamart pada tahun 2005. Dengan Kartu AKU, Member akan dapat memperoleh
manfaat dan berbagai macam keuntungan serta promo-promo menarik yang tidak dapat
diikuti oleh pelanggan lain yang bukan merupakan member Kartu AKU. Kartu AKU
berlaku Nasional di Alfamart seluruh Indonesia. Kartu aku memberikan kelebihan –kelebihan berbelanja beserta diskon
–diskon menarik dengan menu kalender alfamart,setiap minggu dengan
tanggal-tanggal yang disediakan.dalam brosur promosi yang dibagikan pada meja
kasir saat pembayaran pembelajaan.
> Kartu AKU BNI
Merupakan salah satu Kartu Member Alfamart yang di
luncurkan pada 1 Januari 2010, merupakan kerjasama antara Alfamart dengan Bank
BNI. Kartu AKU BNI merupakan kartu multifungsional, yang selain berfungsi
sebagai kartu member, juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Pengguna Kartu
AKU BNI juga akan mendapatkan berbagai keuntungan dan kejutan spesial dari
Alfamart serta tentunya dapat mengikuti program-program eksklusif khusus member
di Alfamart. Untuk saat ini, Kartu AKU BNI berlaku di Alfamart Jabodetabek.
> A Card Flazz
Adalah Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 15 Mei 2010 bekerja
sama dengan Flazz BCA, yang selain berfungsi sebagai kartu member juga dapat
digunakan sebagai alat pembayaran/transaksi karena A
Card Flazz merupakan Kartu Prepaid (kartu non rekening yang dapat menyimpan
uang untuk keperluan berbagai transaksi).
A Card Flazz dapat digunakan sebagai alat pembayaran
tidak hanya diseluruh outlet Alfamart, Alfamidi ataupun Alfaexpress
tetapi juga diseluruh merchant Flazz antara lain restoran, salon, toko buku,
parkir, bioskop dan masih banyak lagi. Untuk sementara ini, A Card Flazz
berlaku di Jabodetabek, Surabaya dan Bandung.
BENEFIT OF “MEMBER ALFAMART”
> HematKu dan Kalender Belanja
Program ini adalah program khusus Member Alfamart, dimana member akan
mendapatkan potongan harga khusus member untuk produk-produk tertentu sesuai
dengan periode promosi. Dengan menunjukkan Kartu Member di kasir saat melakukan
pembayaran, maka otomatis Member akan mendapatkan potongan harga untuk
produk-produk tersebut. Untuk info produk HematKu dan Kalender Belanja terdapat
di leaflet Alfamart yang terbit setiap dua minggu sekali atau poster yang ada
di Alfamart terdekat.
> SpesialKu dan HadiahKu
Sesuai dengan namanya, Specialku merupakan produk-produk special yang di
hadirkan hanya untuk Member Alfamart. Produk-produk SpesialKu ini, hanya dapat
di beli oleh Member Alfamart dengan menunjukkan Kartu Member pada saat
melakukan pembayaran di kasir.
Sedangkan HadiahKu adalah program hadiah langsung atau undian yang hanya
dapat diikuti oleh Member Alfamart. Member akan mendapatkan token yang akan di
undi untuk mendapatkan hadiah tertentu atau Member akan mendapatkan hadiah
langsung sesuai dengan program atau promo yang sedang berlangsung. Member dapat
mengetahui jumlah token melalui SMS ke nomor
0817-111-234 dengan mengetik : TOKEN (spasi) Nomor Kartu atau dengan menghubungi
Customer Care Alfamart di 0-800-1-234-234.
> Special Big Program For “Member Alfamart”
Program ini adalah program promo khusus member dengan periode yang
relatif lebih panjang, minimal 1 bulan,program ini khusus untuk member,
mekanisme program bisa berupa Fair (misalnya P&G fair, Kalbe Nutritional
fair,dll) ataupun Program tahunan khusus member yang tentunya sudah sangat
dikenal “Bukti Kasih Untuk Anda” yang dikenal dengan BKUA
> Redemption For “Member Alfamart”
Program ini merupakan program tahunan untuk Member Alfamart. Dimana
Member akan mendapatkan poin setiap berbelanja min. Rp.50.000 pada periode yang
sedang berlangsung. Member dapat menukarkan poin-poin tersebut dengan hadiah
ekslusif dan menarik pada periode yang telah ditentukan. Member dapat
mengetahui jumlah poin melalui SMS ke nomor
0817-111-234 dengan mengetik : POIN (spasi) Nomor Kartu atau dengan menghubungi
Customer Care Alfamart di 0-800-1-234-234.
> “Member Alfamart” Thematic Promo
Promo ini adalah kejutan khusus untuk memperingati
hari-hari tertentu (misalnya: Hari Valentine, Hari Pelanggan Nasional, Hari
Batik Nasional, dll). Promo ini hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart dengan
menunjukkan Kartu Member (Kartu AKU, A Card atau Kartu AKU BNI).
> Special Treatment for “Member Alfamart” Birthday
Program ini khusus untuk Member Alfamart yang berulang tahun. Member
terpilih akan mendapatkan kejutan dari Alfamart di hari ulang tahunnya, dengan
harapan program ini menjadi best moment yang tidak terlupakan untuk Member
Alfamart.
> Special Event/Activities
For “Member Alfamart”
Beauty Class, Arisan Gratis, Cooking Class, Buka Puasa Bersama, Factory
Visit adalah beberapa event khusus yang hanya dapat diikuti oleh Member
Alfamart. Para Member diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan
menarik di setiap event tersebut yang tentunya akan menjadi pengalaman berharga
bagi Member Alfamart. Selain event-event tersebut, akan terdapat lebih banyak
lagi event menarik yang hanya dapat diikuti oleh Member Alfamart.
> Merchant For “Member Alfamart”
Member Alfamart akan mendapatkan potongan harga, penawaran dan promo
menarik di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Kartu Member Alfamart di
Indonesia.
Selain itu, dengan A Card
FLazz, Member juga dapat menikmati berbagai macam penawaran dan promo
menarik di merchant-merchant Flazz BCA di seluruh Indonesia.
Listrik dan tagihan motor fif dan finance f
Sytem tehnologi informasi pada computer alfa telah
meyediakan pembayaran listrik secara online begitu juga dengan pembayaran motor
yang datangnya jatuh tempo.tentu saja sangat mempermudah dan mempercepat
pembayaran bagi konsumen yang tidak ingin membayar tagihan secara jauh –jauh
dari lingkunganya.
Voucher game online
Bagi yang suka game online ini merupakan surat kabar
yang mengembirakan bahwa kini alfamart telah meyediakan voucher game online
yang dapat dimainkan oleh para pesuka game online,banyak ya game-game yang
disediakan oleh alfamart ini diantaranya adalah:
v Gokong
v Fifa online 2011
v Car balap
v Match move games
v Dll.
Target
pemasaran alfamart adalah semua kalangan masyarakat di Indonesia yang ingin
memberikan kemudahan kepada konsumen dengan ada di dekat lingkunya.strategi
pemasarannya diintegritasinya dengan kegiatan promosi yang dijalankan secara
berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan focus target
pasarnya.
- Kalender belanja “promosi yang diadakan 2minggu sekali memberikan harga mudah dan hemat.
- Keuntungan kartu aku “memberikan potongan harga dan hadiah khusus yang berpengaruh pada produk tersebut.
- Belanja puas,harga pas”memberikan kemudahan berbelanja pada konsumen dengan harga pas dan menarik tentunnya”.
Untuk strategi
jangka panjang berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas konsumen serta
pembentukan komunitas.
Dalam
meningkatkan brand image berhasil dalam meraih penghargaan dengan piala dunia
2009 yang meyisihkan partikal-partikal besar di Indonesia. Dengan
memperoleh penghargaan brand dan menjadikan gerai alfamart yang tersmi
menjual produk-produk yang terpilih,sehingga terpilihnya alfamart berkaitan
erat dengan pengalaman menjadikan yang terbaik dalam bidang usahanya.
PUSAT
DISTRIBUSI
System
distribusi dilakukkan penerapan dengan tehnologi siap antar ke gerai-gerai
alfamart dengan menggunakan digital picking system yang memungkinkan alfamart
menjalankan distribusi yang handal,canggih,dan efisien .dengan adanya dukungan
sumber daya manusia yang ahli dibidang distribusinya keseluruh gerai yang
tersebar di Indonesia.dapat terlayani dengan baik sehingga pusat distribusi
alfamart menjadi salah satu terbaik di Indonesia.
Pada saat ini
alfamart mempunyai 16 pusat distribusi yang merupakan pengadaan produk untuk
lebih dari 4000 gerai alafamart.pusat alfamart berada di
Jakarta,bekasi,tangerang,depok,bogor,bandung,cirebon,semarang,solo,jogyakarta,Surabaya,wonogiri,malang,lampung,bali,palembang
dan medan.
Analisa
perancangan program
Analisa program
adalah suatu proses untuk menentukkan tindakan masa depanyang tepat melalui
urutan pemilihan dengan perhitungan sumber daya yang tersedia.
Kendala
perusahan serta sistemnya.
- Keterlambatan karyawan tdk tepat waktu dating ke gerai toko alfamart.
- System bon belanja jarang diberikan karena ketelatan memberikannya.
System
informasi perusahaaan.
Lajunya pertumbuhan
gerai toko alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk
perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap
poin of sales(POS) kasir disemua gerai yang mencakup system
penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.tehnologi di pos kasir dirancang
sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.
Untuk
mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir,alfamart menggunakan
pemandaian scanner barcode,pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi
konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank
yang tercantum.
Dalam diadakan
distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate
system pada pusat distribusinya.kedua system dan tail gate system pada setiap
distribusinya . keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses
pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim
maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian
operasi toko
Persediaan
operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar
kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.adapun pengendalian toko
tersebut adalah:
1. pengendalian persediaan
2. pengendalian penjualan
3. pengendalian biaya
4. pengendalian administrasi
5. pendapat lain-lain
6. pengendalian lingkungan
menrut sofian mohamad hatta(1993) persediaan dapat didefinisikan sebagai
berikut:
persediaan adalah suatu aktiva lancar yang meliputi barang-barang milik
perusaahan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha yang sangat normal.
Setiap
perusahaan ,perusahan perdagangan ataupun perusahaan pabrik serta perusahan
jasa selalu mengadakan persediaan. Tanpa adanya persediaan ,para perusahan akan
dihadapikan pada resiko bahwa perusahaanya pada suatu waktu tidak dapat
memenuhi keinginan pelanggan meminta barang /jasa.persediaan diadakan
keuntungan yang diharapkan tersebut lebih besar dari pada yang ditimbulkannya.
Silkus
permintaan barang
- barang yang sudah terjual selama satu hari.
- toko mengirim data penjualan.
- barang dipajangnya setelah menjadi stock dikeluarkan. Cek kembali menjadi stcok dan sebagian di pajang di etalase toko alfamart.
- gudang mengirim data barang yang akan dikirim ke toko
- toko menerima data yang dikirim ke gudang dan memperosesnya menjadi stock.
- toko mengecek pengiriman barang yang barang yang datang dan memajangnya.
- konsumen mengambil barang yang dipajang lalu membayar dikasir.
Tool blok perusahaan
Tool blok
perusahaan yang ditetapkan adalah:
1.blok input: alat
untuk menerima data.
Contohnya: keyboard,mouse,scanner
digital,scanner tembak dll.
2.blok output:
alat yang menghasilkan keluaran.
Contoh :printer.
3.blok model
:menyangkut materi pemograman,aplikasi sains yang digunakan pemograman yang
menggunakan rumus matematika yang sulit aplikasi bisnis untuk mengelolah data.
Contohnya:excel,pemograman
visual basic 6.0 dan alfa pos.
4.blok
tehnologi:tingkat tehnologi yang diperlukan system informasi termaksud pengguna
internet.
Contohnya:
penerimaan dan pengiriman data melalui FTP toko.
5.blok
database: database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas.
6. blok
control: aspek pengamanan system informasi.
Pengamatan
fisik menyangkut pengamatan terhadap kebakaran,gempa bumi.contohnya:pemadam
kebakaran,alarem toko,kamera cctv,mati listrik dll.
Pengamatan non
fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus pada software dan
server.contohnya: system pertahanan computer dilindungi dengan serangan virus
dan paswoord pada setiap systemnya.
BAB III
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dari
kelompok kami kami simpulkan bahwa system informasi manajemen dapat diketahui
dan wajib diketahui walaupun sedikit demi sedikit.seluruh mahasiswa/I agar
tidak salah jika ingin mengambil suatu keputusan baik untuk kepentingan pribadi
maupun kelompok.
Saran-saran
Dalam pembuatan makalah ini kami
meyadari masih banyak kekurangan disina sini oleh sebab itu mohon maaf jika ada
kesalahan dalam penulis, dan apabila ada yang kurang atau salah dalam pembuatan
makalah ini anda dapat memberikan masukan kepada kami.